Kompas TV nasional rumah pemilu

Pengamat Nilai Sangat Realistis jika PAN Ingin Usung Ganjar-Erick Thohir sebagai Capres-Cawapres

Kompas.tv - 27 Februari 2023, 19:07 WIB
pengamat-nilai-sangat-realistis-jika-pan-ingin-usung-ganjar-erick-thohir-sebagai-capres-cawapres
Pengamat politik dari Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) Saidiman Ahmad dalam Kompas Petang Kompas TV, Senin (27/2/2023). Saidiman menilai sangat realistis jika PAN ingin usung Ganjar-Erick sebagai capres-cawapres. (Sumber: Tangkapan layar tayangan KOMPAS TV)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Edy A. Putra

 

JAKARTA, KOMPAS.TV – Pengamat politik dari Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) Saidiman Ahmad menilai realistis jika Partai Amanat Nasional (PAN) ingin mengusulkan Ganjar Pranowo dan Erick Thohir sabagai bakal pasangan capres dan cawapres pada Pilpres 2024.

Dia mengatakan, Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) yang digagas Golkar, PAN, dan PPP, sebenarnya sudah bisa mengusulkan pasangan capres-cawapres.

“Saya setuju jika dikatakan bahwa itu adalah usulan yang cukup realistis. Yang pertama alasannya adalah KIB sebagai koalisi partai sebenarnya sudah bisa mengusulkan pasangan calon,” tuturnya dalam dialog Kompas Petang Kompas TV, Senin (27/2/2023).

Tapi, menurut dia, para elite partai politik (parpol) yang tergabung dalam KIB, belum memunculkan nama yang kompetitif untuk diusung.

Baca Juga: Zulhas Sebut Ganjar saat Berpantun, Wasekjen PDIP: Jangan Main Serobot, Dia Masih Kader Kami

“Tapi, di antara para elite di KIB sendiri, dari berbagai survei, kita belum menemukan tokoh yang cukup populer atau kompetitif di masyarakat untuk diusung sebagai calon presiden.”

“Oleh karena itu, sangat realistis kalau kemudian KIB ini melirik calon atau tokoh yang populer, walaupun tidak merupakan elite dari partai di KIB sendiri,” tuturnya.

Salah satu tokoh yang saat ini populer adalah Ganjar yang merupakan kader PDI Perjuangan (PDIP) dan gubernur Jawa Tengah.

Alasan kedua, lanjut Saidiman, partai-partai yang tergabung dalam KIB adalah partai-partai yang saat ini berada di dalam koalisi pemerintahan.

“Saya kira ini alasan yang kedua kenapa kemudian nama seperti Ganjar Pranowo cukup realistis untuk dimajukan.”

“Kemudian untuk penyebutan cawapres, saya kira ini juga menarik. Kami dalam survei SMRC menemukan bahwa nama Erick Thohir itu adalah salah satu tokoh yang mulai terdeteksi oleh publik sebagai calon pemimpin nasional, saya kira sangat realistis,” urainya.

Baca Juga: Ketum PAN Berpantun Sebut Nama Ganjar dan Erick, Politikus Golkar: Kami Saling Menghormati

Pasangan Ganjar-Erick Thohir, menurut Saidiman, memiliki kans yang cukup besar untuk lolos di KIB.

“Saya melihat potensinya cukup besar untuk lolos, dengan alasan-alasan tadi.”



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x