Kompas TV regional berita daerah

TUK P3SM di Singkawang, Mudahkan Dapat SKK Konstruksi bagi Kontraktor & Konsultan

Kompas.tv - 27 Februari 2023, 13:10 WIB
tuk-p3sm-di-singkawang-mudahkan-dapat-skk-konstruksi-bagi-kontraktor-konsultan
TUK P3SM di Singkawang (Sumber: Foto: Edo Thomas)
Penulis : KompasTV Pontianak

SINGKAWANG, KOMPAS.TV - Proses sertifikasi digital di tempat uji kompetensi (TUK Sewaktu) Pusat Pembinaan Pelatihan dan Sertifikasi Mandiri (P3SM) pertama kalinya digelar secara luring atau offline di Kota Singkawang, Kalimantan Barat. Kali ini, ada sekitar 30 peserta yang mengikuti sertifikasi di Wahana Inn Hotel Singkawang.

Asesmen diadakan untuk membantu dan mempermudah proses sertifkasi para pelaku jasa konstruksi, baik badan usaha, penyedia jasa, maupun pengguna jasa. Peserta asesmen mengaku, adanya sertifikas sewaktu di Kota Singkawang dan sekitarnya menggunakan aplikasi digital terbukti dan teruji cepat, murah, dan berkualitas.

Baca Juga: Pembuatan SKK/SKKTK Kini Bisa Dilakukan di Kabupaten Kayong Utara

Sebelumnya, sertifikasi keahlian kerja (SKA) dan sertifikasi keterampilan kerja (SKT) dilakukan oleh lembaga pengembangan jasa konstruksi (LKPJ). Kini, sertifikasi tidak lagi dilakukan LKPJ, tapi oleh lembaga sertifikasi profesi (LSP) yang menggunakan standar kompetensi kerja nasionall. LSP Astekindo di bawah naungan P3SM menyatakan ujian juga bisa dilakukan secara daring atau online dengan sekitar 407 jabatan kerja.

Pelaksanaan sertifikasi di Singkawang ini merupakan yang pertama kali dilakukan. Pihak LSP berharap dalam waktu dekat LSP bisa merambah bidang lain, seperti tata lingkungan, arsitektur landscape, arsitektur, sains dan rekayasa tekni, serta perencanaan wilayah dan kota.

Baca Juga: Asesmen/Sertifikasi Perdana TUK Sewaktu P3SM di Kabupaten Ketapang

TUK P3SM di Singkawang (Sumber: Foto: Edo Thomas)

Adanya mitra P3SM di Singkawang dinilai bisa sangat memudahkan kontraktor dan konsultan yang membutuhkan SKK diproses di Singkawang.

"Sehingga, kebutuhan masyarakat Singkawang bisa diselesaikan di Singkawang oleh kawan-kawan di Singkawang sendiri," ucap Budi Siswanto, Mitra Perwakilan Singkawang.

Budi juga berharap para asosiasi yang terakreditasi LSP untuk melakukan proses di TUK P3SM Kalbar.

"Jadikan P3SM sebagai dapur umum yang dipakai bersama oleh semua asosiasi. Untuk memproses sertifikat tidak harus pindah asosiasi," tambah Budi.

Baca Juga: Sertifikasi SKK/SKKTK secara Digital Kabupaten Sintang

TUK P3SM di Singkawang (Sumber: Foto: Edo Thomas)

Ketua perwakilan P3SM Kalbar TUK, Erwinsyah, memberikan apresiasi baik dan berharap asesmen yang digelar bisa bermanfaat.

Mitra Perwakilan Singkawang, Budi Siswanto, berharap kesempatan ini bisa dimanfaaatkan para kontraktor dan konsultan untuk mendapatkan SKK.

"Setiap kontraktor atau konsultan di bidang jasa konstruksi harus memiliki tenaga kerja konstruksi yang memiliki kualifikasi dan jenjang kerja. Hal tersebut dapat dibuktikan melalui SKK konstruksi. Nantinya, SKK dapat dijadikan syarat pengajuan SBU atau sertifikat badan usaha," terang Budi Siswanto.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x