Kompas TV internasional krisis rusia ukraina

Menhan Ukraina Pamer Bantuan Tank Leopard: Mana Jalan menuju Moskow?

Kompas.tv - 25 Februari 2023, 17:00 WIB
menhan-ukraina-pamer-bantuan-tank-leopard-mana-jalan-menuju-moskow
Menteri Pertahanan (Menhan) Ukraina Oleksiy Reznikov dan Perdana Menteri Ukraina Denys Shymal saat memamerkan bantuan tank Leopard 2 dari Polandia, Jumat (24/2/2023). (Sumber: Kementerian Pertahanan Ukraina via Ukrainska Pravda)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Edy A. Putra

KIEV, KOMPAS.TV - Menteri Pertahanan Ukraina Oleksiy Reznikov memamerkan bantuan tank Leopard 2A4 yang pertama tiba di Ukraina. Dua unit tank Leopard yang beralih ke tangan Ukraina itu merupakan bantuan dari Polandia.

Ketika peringatan setahun invasi Rusia ke Ukraina, Jumat (24/2/2023), Reznikov membuat sebuah video yang menunjukkan tank bantuan Polandia. Dalam video itu, Reznikov keluar dari tank tersebut lalu memberikan keterangan.

Baca Juga: China Tawarkan Diri Damaikan Rusia dan Ukraina, Joe Biden: Tak Rasional

Saat ditanya pewawancara mengenai kesan pertamanya memasuki tank tempur utama buatan Jerman tersebut, Reznikov berseloroh menanyakan jalan menuju ibu kota Rusia.

"Permisi, di mana jalan menuju Moskow?" kata Reznikov, sebagaimana dikutip Ukrainska Pravda.

Pada akhir Januari lalu, Jerman memberi lampu hijau bagi negara-negara NATO untuk mengirim tank Leopard ke Ukraina. Berlin dan Warsawa pun telah mengonfirmasi akan mengirimkan 14 unit tank Leopard ke Ukraina.

Negara-negara sekutu NATO lain kemudian menyusul. Portugal, Belanda, Finlandia, hingga Norwegia dilaporkan juga berencana mengirim tank Leopard ke Ukraina.

Selain itu, Inggris Raya juga mengonfirmasi akan mengirim 14 unit tank Challenger 2 ke Ukraina. Sedangkan Amerika Serikat (AS) bersedia memperbantukan 31 unit tank M1 Abrams.

Baca Juga: Spesifikasi Tank Leopard 2A6 yang Kabarnya akan Dikirim Jerman dan Sekutu ke Ukraina, Sangat Canggih


 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x