Kompas TV internasional kompas dunia

China Ingin Rusia dan Ukraina Berdamai, Ajukan 12 Poin Penyelesaian

Kompas.tv - 24 Februari 2023, 15:58 WIB
china-ingin-rusia-dan-ukraina-berdamai-ajukan-12-poin-penyelesaian
Presiden Rusia Vladimir Putin berjabat tangan dengan Kepala Kebijakan Luar Negeri Partai Komunis China Wang Yi dalam pertemuan di Kremlin, Moskow, Rusia, Rabu (22/2/2023). (Sumber: Anton Novoderezhkin, Sputnik, Kremlin Pool Photo via AP)
Penulis : Haryo Jati | Editor : Desy Afrianti

BEIJING, KOMPAS.TV - China menegaskan keinginannya agar Rusia dan Ukraina segera berdamai setelah konflik berkepanjangan kedua negara telah memasuki waktu setahun.

Sejak Rusia meluncurkan invasi ke Ukraina, pada 24 Februari 2022 hingga saat ini, Jumat (24/2/2023), belum ada tanda-tanda perang akan berhenti.

Kementerian Luar Negeri China pun mengajukan proposal untuk kesepakatan politik demi menghentikan krisis di Ukraina.

Pada 12 poin penyelesaian yang diajukan oleh China, di dalamnya termasuk seruan untuk de-eskalasi dan gencatan senjata.

Baca Juga: Zelenskyy Percaya Diri di Setahun Invasi Rusia ke Ukraina: Kami Pasti Menang

“Semua pihak harus menunjukkan rasionalitas dan pengendalian diri, menghindari memicu ketegangan atau mengambil langkah-langkah untuk memperparah konflik, mencegah eskalasi lebih lanjut dan mencegah situasi lepas kendali,” bunyi proposal tersebut dikutip dari TASS.


 

Proposal itu juga menyebutkan untuk membantu kontak antara Rusia dan Ukraina, serta dimulainya kembali dialog langsung, mempromosikan de-eskalasi bertahap, sampai tembakan dan permusuhan berhenti.

“Negosiasi perdamaian harus dimulai. Diagol dan negosiasi adalah satu-satunya cara untuk menyelesaikan krisis di Ukraina. Semua upaya yang ditujukan untuk menyelesaikan krisis secara damai perlu didorong dan didukung,” ujarnya.



Sumber : TASS


BERITA LAINNYA



Close Ads x