Kompas TV entertainment musik

Lagunya Banyak Dinyanyikan Penyanyi Lain, Once Mekel: Boleh-Boleh Saja, tapi

Kompas.tv - 22 Februari 2023, 16:07 WIB
lagunya-banyak-dinyanyikan-penyanyi-lain-once-mekel-boleh-boleh-saja-tapi
Penyanyi Once hadir dalam perilisan album terbarunya, Sigma, di kawasan Kemang, Jakarta Selatan, Selasa (21/2/2023). (Sumber: Kompas.com/Vincentius Mario)
Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Musisi Once Mekel menjawab persoalan lagu-lagunya yang banyak digunakan oleh penyanyi lain dalam bentuk cover atau remake.

Pelantun tembang “Dealova” itu mengatakan bahwa dirinya mengizinkan lagu-lagunya dinyanyikan oleh penyanyi lain. 

“Kalau lagu saya, boleh-boleh saja dipakai sama penyanyi lain,” kata Once di kawasan Kemang, Jakarta Selatan, Selasa (21/2/2023), seperti dikutip dari Kompas.com.

Baca Juga: Once Mekel Buka Suara soal Tudingan Tak Bayar Royalti Lagu Dewa 19

Akan tetapi, apabila lagunya digunakan untuk kepentingan komersial, seperti iklan atau tayangan YouTube, dia mengimbau agar pengguna meminta izin terlebih dahulu.

“Untuk iklan, dia harus minta izin ke pencipta, seperti tayangan YouTube, user harus minta izin kepada pencipta,” jelas Once.

“Kalau kita cover di YouTube, pencipta komplain ya itu langsung di-takedown biasanya. Misalnya saya cover lagu Dewa 19, kalau penciptanya enggak suka, bisa di-takedown,” tambah dia.

Lebih lanjut, Once Mekel juga mengklarifikasi persoalan lagu ciptaannya yang disebut dilarang dibawakan oleh Dewa 19. Menurutnya, hal itu lain soal karena ada hubungan pertemanan antara dia dan Dewa 19.


 

"Kalau soal kompromi pribadi, itu lain lagi, tidak berdasarkan aturan, berdasarkan pertemanan aja. Kalau kompromi pribadi tentu bisa, antar teman, tapi itu bukan aturan," tutur Once.

Baca Juga: Lebarkan Sayap Musik di Indonesia, Band Malaysia Kugiran Masdo Rilis Single “Inilah Jalannya”

Sebagai informasi, lagu-lagu ciptaan Once memang kerap digunakan dan di-cover oleh penyanyi lain, seperti lagu “Aku Mau”, “Kucinta Kau Apa Adanya”, hingga “Dealova”.

Kini, Once kembali merilis album terbarunya yang bertajuk “Sigma”. Album tersebut berisi 9 lagu, yang mana terdapat lagu berjudul “Kau & Aku” digarap bersama eks gitaris Gun’s N Roses, Ron Bumblefoot.



Sumber : Kompas.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x