Kompas TV entertainment musik

Once Mekel Buka Suara soal Tudingan Tak Bayar Royalti Lagu Dewa 19

Kompas.tv - 22 Februari 2023, 13:58 WIB
once-mekel-buka-suara-soal-tudingan-tak-bayar-royalti-lagu-dewa-19
Once Mekel buka suara soal tudingan tak bayar royalti lagu Dewa 19. (Sumber: Tribunnews)
Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Musisi Once Mekel buka suara soal tudingan dari Ahmad Dhani yang menyebutkan dirinya tidak membayar royalti ketika membawakan lagu milik Dewa 19.

Once mengatakan bahwa masalah itu tengah dibicarakan dengan Ahmad Dhani. Ada sejumlah pertimbangan yang harus didiskusikan, termasuk soal hubungan pertemanan.

“Kalau soal kompromi pribadi, itu lain lagi, tidak berdasarkan aturan, berdasarkan pertemanan aja. Kalau kompromi pribadi tentu bisa, antar teman, tapi itu bukan aturan,” kata Once di Jakarta Selatan, Selasa (21/2023), seperti dikutip dari Kompas.com.

Baca Juga: Profil Tyo Nugros, Mantan Drummer Dewa 19 yang Awet Muda di Usia 52 Tahun

Persoalan royalti ini, kata Once, seharusnya diatur oleh Lembaga Manajemen Kolektif Nasional (LMKN). Menurutnya, penyelenggara pertunjukan musik yang seharusnya membayarkan royalti ke LMKN, kemudian diteruskan ke pencipta lagu.

“Kalau aturan tidak ada yang bisa melarang performer membawakan itu. Harusnya user atau tiap penyelenggara. Mereka yang membayarkan (royalti) ke LMKN. Nanti mereka akan mentransfer uang itu ke pencipta,” kata Once.


 

Untuk itu, dia dan pihak Ahmad Dhani sedang mencari titik terang soal pemakaian lagu, termasuk royalti per satu lagu.

“Resminya sih harus lewat LMKN, tapi saya sebagai teman, kompromi enggak apa-apa. Saya lagi cari titik terangnya, titik tengahnya, komprominya satu lagu berapa,” tutur pelantun tembang Dealova itu.

Baca Juga: Pernah Sepanggung, Once Mekel Kaget God Bless Selalu Enerjik Saat Konser

Sebelumnya, Ahmad Dhani mengatakan bahwa Once Mekel tak pernah membayar royalti atas lagu Dewa 19 yang dibawakan. Hal ini terungkap saat dia berbincang di Tonight Show Premiere.

Dhani mengatakan, musisi lain, seperti Ari Lasso dan Reza Artamevia yang pernah membawakan lagu-lagu ciptaannya terus membayar royalti.

“Yang belum Once, masih agak alot. Bawain, tapi enggak pernah mau bayar,” kata Ahmad Dhani.



Sumber : Kompas.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x