Kompas TV nasional rumah pemilu

Anies Baswedan akan Bersafari Politik, Disiapkan Partai Demokrat

Kompas.tv - 21 Februari 2023, 14:16 WIB
anies-baswedan-akan-bersafari-politik-disiapkan-partai-demokrat
Bakal capres Anies Baswedan bertemu dengan masyarakat Kalimantan Selatan, Kamis (16/2/2023). (Sumber: Twitter: @aniesbaswedan)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPSA.TV - Partai Demokrat tengah mempersiapkan rencana safari politik bersama Anies Baswedan. Juru bicara Partai Demokrat Herzaky Mahendra Putra mengatakan kegiatan akan dimulai dalam beberapa pekan ke depan.

"Tunggu saja pekan-pekan ini. Akan ada beberapa agenda yang kemungkinan bisa diikuti oleh publik," jelas Herzaky sebagaimana dikutip dari Antara, Selasa (21/2/2023).

Herzaky menjelaskan pihaknya tengah melakukan kalkulasi terkait beberapa hal dalam safari politik ini. Kalkulasi termasuk momentum pembentukan sekretariat, pendatanganan kesepakatan tiga partai politik, hingga pembacaan deklarasi.

Baca Juga: Kepuasan Kinerja Jokowi Meningkat, Demokrat: Jangan Berpuas Diri, Masih Banyak yang Perlu Diperbaiki

"Ini masalah pengaturan ritme dan tempo saja. Bagian dari strategi. Ada kalkulasi mendetail dan pembahasan berbagai skenario," tegas Herzaky.

Partai yang dikomandoi Agus Harimurti Yudhoyono ini tengah bersiap diri dengan segala skenario dan kemungkinan yang akan datang. Termasuk pilihan langkah yang diambil hingga respons publik dan koalisi.

"Ketika merasa ini sudah saatnya untuk menyampaikan rencana dan kemajuan tertentu yang dicapai oleh koalisi perubahan, kami akan sampaikan ke publik," katanya menegaskan.

Baca Juga: Survei Litbang Kompas: Elektabilitas Golkar Kalahkan Demokrat, Ada Pergeseran Suara Pemilih Anies

Sebelumnya diberitakan Partai Demokrat bahkan berencana untuk mengajak bakal capres Anies Baswedan untuk keliling Indonesia. Hal ini merespons hasil survei Litbang Kompas yang menunjukkan elektabilitas partai berlambang bintang mercy itu mengalami penurunan. 

"Partai Demokrat dan PKS juga tengah mempersiapkan rencana kerja dan kegiatan bersama Mas Anies selaku Bacapres, termasuk juga dengan Bacawapresnya setelah diputuskan nanti," kata Deputi Bappilu DPP Partai Demokrat Kamhar Lakumani kepada Kompas TV, Selasa (21/2/2023). 

Lakumani optimis dengan sisa waktu yang masih sangat panjang, partainya akan mendapatkan efek ekor jas dari pencalonan Anies.

Baca Juga: Meroket di Survei Litbang Kompas, Nasdem: Ada Berkah Anies, Kami Tetap Kerja Keras

"Kami optimis waktu yang tersedia masih sangat memadai untuk mengoptimalkan efek ekor jas ini agar terdistribusi optimal dan proporsional bagi partai yang tergabung di Koalisi Perubahan," ujarnya. 

Menurut dia, ini tentu menjadi masukan penting dalam merumuskan berbagai agenda kerja Partai Demokrat ke depan.  



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x