Kompas TV internasional kompas dunia

Wajah Putri Kim Jong-un Akan Dicetak di Prangko, Diterbitkan untuk Rayakan Tes Rudal Antarbenua

Kompas.tv - 15 Februari 2023, 16:10 WIB
wajah-putri-kim-jong-un-akan-dicetak-di-prangko-diterbitkan-untuk-rayakan-tes-rudal-antarbenua
Ilustrasi. Dalam foto yang diedarkan pemerintah Korea Utara, pemimpin Korea Utara Kim Jong Un (depan kanan), dengan putrinya dan istrinya, Ri Sol Ju (kiri), menghadiri parade militer yang memperingati pembentukan Tentara Rakyat Korea di Lapangan Kim Il Sung di Pyongyang, Korea Utara, Rabu, 8 Februari 2023. Pemerintah Korea Utara dilaporkan sedang membuat prangko bergambar Kim Ju-ae, putri Kim Jong-un yang belakangan ini ditampilkan ke publik. BUMN pembuat prangko Korea Utara telah menampilkan lima prangko bergambar anak 10 tahun itu pada pekan ini. (Sumber: KCNA via AP)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Purwanto

PYONGYANG, KOMPAS.TV - Pemerintah Korea Utara dilaporkan sedang membuat prangko bergambar Kim Ju-ae, putri Kim Jong-un yang belakangan ini ditampilkan ke publik. BUMN pembuat prangko Korea Utara telah menampilkan lima prangko bergambar anak 10 tahun itu pada pekan ini.

Menurut laporan Associated Press, Rabu (15/2/2023), prangko bergambar anak kecil itu akan disirkulasikan mulai Jumat (17/2) mendatang. Penerbitan prangko Kim Ju-ae disebut untuk merayakan tes rudal balistik antarbenua Hwasong-17 pada November 2022 lalu.

Prangko-prangko tersebut akan berisi foto Kim Ju-ae menggandeng tangan Kim Jong-un di samping rudal Hwasong-17, juga ketika Kim Ju-ae berpose di samping ayahnya dikawal tepuk tangan barisan serdadu, beberapa hari usai peluncuran Hwasong-17. Foto-foto ini sebelumnya telah dirilis ke publik.

Baca Juga: Seoul Ragu Kim Jong-un Siapkan Putrinya Menjadi Pemimpin: Hierarki Korea Utara Didominasi Lelaki

Usai tampil pertama kali pada tahun lalu, Dinas Intelijen Korea Selatan menyebut Kim Ju-ae adalah anak kedua Kim Jong-un. Intelijen Seoul pun menduga Kim Jong-un ingin menampilkan bahwa kursi kekuasaan di Pyongyang akan diwariskan ke keluarganya.

Akan tetapi, bukan berarti Kim Ju-ae yang akan mewarisi kekuasaan. Kim Jong-un diyakini punya tiga anak, yang tertua berjenis kelamin laki-laki.

Anak pertama Kim Jong-un tersebut diduga akan dipilih sebagai suksesor oleh ayahnya, kendati Kim sejauh ini baru menampilkan Kim Ju-ae.

Nama Kim Ju-ae sesuai dengan keterangan mantan bintang basket NBA, Dennis Rodman yang pernah mengunjungi Pyongyang pada 2013 silam. Waktu itu, Rodman mengaku bertemu putri Kim Jong-un dan menyebut diktator itu sebagai "ayah yang baik."

Sejak berdiri pada 1948, kepemipinan Korea Utara diwariskan ke anak laki-laki di keluarga Kim. Pyongyang diyakini hanya memiliki sedikit perempuan yang menjadi pejabat tinggi, salah satunya adalah adik Kim Jong-un, Kim Yo-jong.

Duyeon Kim, analis senior dari Center for a New American Security, menyebut terlalu dini untuk berspekulasi mengenai suksesi Kim Jong-un.

"Kita belum tahu apakah Kim Jong-un mau mendobrak tradisi terkait gender penerusnya atau dia (Kim Ju-ae) akan memainkan peran penting untuk mendukung siapa pun yang ditunjuk Kim," kata Kim.

Baca Juga: Nama Anak Kim Jong-Un Dilarang Digunakan Rakyat Korea Utara, Dipaksa Ubah Nama di Akta Kelahiran

 




Sumber : Associated Press


BERITA LAINNYA



Close Ads x