Kompas TV lifestyle tren

Logo dan Tema Hari Lahir Pancasila 2024 Beserta Link Download-nya, Diperingati 1 Juni

Kompas.tv - 24 Mei 2024, 12:42 WIB
logo-dan-tema-hari-lahir-pancasila-2024-beserta-link-download-nya-diperingati-1-juni
Logo Hari Lahir Pancasila 2024 (Sumber: harlahpancasila.bpip.go.id)
Penulis : Dian Nita | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Hari Lahir Pancasila 2024 akan diperingati pada Sabtu, 1 Juni 2024 untuk mengenang, menghormati, sekaligus menghargai perjuangan pendiri bangsa dalam merumuskan dasar negara.

Menurut Surat Keputusan Bersama (SKB) 3 Menteri, Hari Lahir Pancasila 2024 ditetapkan sebagai libur nasional.

Puncak peringatan Hari Lahir Pancasila akan digelar di Lapangan Blok Rokan, Riau, Sabtu, 1 Juni 2024. Presiden Joko Widodo dijadwalkan akan hadir secara langsung untuk menjadi inspektur upacara.

Sekretaris Utama Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Tonny Agung Arifianto mengatakan, BPIP memilih Lapangan Blok Rokan sebagai lokasi acara puncak peringatan Harlah Pancasila tahun 2024 untuk meningkatkan nasionalisme dan persatuan seluruh anak bangsa.

“Blok Rokan merupakan blok minyak tersubur di Indonesia yang sejak 2021 pengelolaannya 100 persen kembali ke Ibu Pertiwi. Dari ini sini kami ingin sampaikan pesan kalau kita bersatu, kita bisa mengelola sumber daya alam yang manfaatnya untuk kesejahteraan seluruh rakyat,” kata Tonny dalam keterangan tertulisnya, dikutip Jumat (24/5/2024).

Baca Juga: Libur Panjang, Jalur Puncak Padat Didominasi Kendaraan Plat Jakarta

Peserta upacara peringatan Harlah Pancasila di Blok Rokan diperkirakan sebanyak seribu orang dari unsur TNI, Polri, ASN, pegawai Pertamina Hulu Rokan, dan pelajar.

Wakil Presiden Ma’ruf Amin juga dijadwalkan hadir. Ketua MPR Bambang Soesatyo akan bertindak sebagai pembaca teks Pancasila.

Ketua DPR Puan Maharani akan menjadi pembaca UU 1945. Doa akan dibacakan oleh Menko PMK Muhadjir Effendy. Upacara akan melibatkan Paskibraka tingkat Nasional dan Provinsi Riau.

Tema Hari Lahir Pancasila 2024

Harlah Pancasila 2024 mengusung tema Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045.



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x