Kompas TV bisnis ekonomi dan bisnis

Ridwan Kamil Sebut Tol Cisumdawu Beroperasi Akhir Februari, Bisa Untuk Mudik Lebaran 2023

Kompas.tv - 13 Februari 2023, 12:10 WIB
ridwan-kamil-sebut-tol-cisumdawu-beroperasi-akhir-februari-bisa-untuk-mudik-lebaran-2023
Foto udara kendaraan melintas di Simpang Susun Sumedang Jalan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu), Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, Jumat (16/12/2022). Gubernur Ridwan Kamil sebut Tol Cisumdawu bisa dioperasikan pada akhir Februari 2023. (Sumber: Kompas.tv/Ant )
Penulis : Dina Karina | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV- Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil mengatakan,  Jalan Tol Cileunyi - Sumedang - Dawuan atau Cisumdawu, yang terdiri dari seksi satu hingga enam, bisa dioperasikan pada akhir Februari 2023.
 
Ia menyebut, apabila fungsional Tol Cisumdawu dari seksi empat hingga lima bisa dilakukan pada akhir Februari 2023, maka ada kemungkinan bisa digunakan untuk menunjang aktivitas arus mudik Lebaran 2023.

"Cisumdawu menurut laporan Pak Menteri PUPR, akhir Februari 2023 sudah bisa dioperasikan. Jadi berita optimisnya akhir Februari, Cisumdawu akan selesai," kata Ridwan Kamil di Gedung Sate, Kota Bandung, Senin (13/2/2023), seperti dikutip dari Antara. 

Target kesiapan Tol Cisumdawu difungsikan pada Lebaran 2023, sebelumnya juga disampaikan Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR Hedy Rahadian. 

Baca Juga: Lama Diabaikan, Minyak Goreng Curah Kembali Diminati

Tol Cisumdawu ditargetkan beroperasi bersama dengan Jalan Tol Jakarta Cikampek (Japek) II Selatan segmen Kutanegara - Sadang.


 

"Cisumdawu kami harapkan lebaran tahun ini seluruh ruasnya beroperasi penuh," ujarnya beberapa waktu lalu. 

"Selain itu diharapkan juga Jalan Tol Japek II Selatan untuk segmen Kutanegara - Sadang bisa dibuka secara operasional," tambahnya. 

Kementerian PUPR pun mendorong Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) untuk mempercepat penyelesaian pembangunan Jalan Tol Cisumdawu. 

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, penyelesaian pembangunan Jalan Tol Cisumdawu sepanjang 62 km sangat penting untuk efektivitas operasional Bandara Kertajati, Pelabuhan Patimban.

Baca Juga: Ahmad Sahroni Ingatkan Pengendara Moge Harley Davidson Jangan Arogan, Patuhi Lalu Lintas

Serta pengembangan ekonomi kawasan Pantura Jawa Barat, mulai dari Cirebon, Indramayu, Majalengka hingga Kuningan (Ciayu Majakuning) Jawa Barat.

Basuki juga menginstruksikan Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) untuk melakukan percepatan penyelesaian pembangunan Japek Selatan secara bertahap, utamanya pada Seksi 3 Taman Mekar-Sadang sepanjang 27,85 km.

Jalan tol tersebut diharapkan bisa diselesaikan seluruhnya pada 2024. Sedangkan untuk Lebaran 2023 diupayakan penyelesaian sampai dengan Gerbang Tol Sukabungah, sementara tahun 2024 selesai hingga Gerbang Tol Jati Asih.



Sumber : Antara


BERITA LAINNYA



Close Ads x