Kompas TV regional berita daerah

Penuhi Kebutuhan Masyarakat, Diskopindag Kota Malang Gelar Operasi Pasar Minyakita

Kompas.tv - 1 Februari 2023, 20:59 WIB
Penulis : KompasTV Malang

MALANG, KOMPAS.TV - Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan (Diskopindag) Kota Malang menggelar operasi pasar Minyakita. Operasi pasar ini digelar untuk memenuhi kebutuhan Minyakita dan stabilisasi pasokan minyak goreng bersubsidi di pasaran.

Operasi pasar minyak goreng bersubsidi yang dilakukan Diskopindag Kota Malang Rabu (01/2/2023) berlangsung di Pasar Madyopuro, Kedungkandang. Dalam operasi pasar tersebut Diskopindag menyalurkan total sebanyak 100 karton Minyakita ke pedagang yang ada di Pasar Madyopuro.

Luh Putu Eka, Analisis Muda Diskopindag Kota Malang mengatakan, operasi pasar minyak goreng ini merupakan program dari Kementrian Perdagangan. Dalam operasi pasar di Kota Malang ini dilakukan di empat pasar yang menjadi pantauan, yakni Pasar Madyopuro, Bunulrejo, Sawojajar dan Pasar Sukun.

Operasi pasar ini dilakukan untuk menjaga ketersediaan stok Minyakita yang sempat langka dalam beberapa waktu lalu. Diskopindag juga mengimbau kepada pedagang agar menjual minyak goreng bersubsidi ini tidak lebih dari harga eceran yang sudah ditentukan, yakni Rp 14 ribu per liter.

"Operasi minyak goreng ini setiap pasar diberikan jatah 100 karton. Setiap karton 12 liter, harga jual ke pedagang sesuai Permendag Rp 12.600 per liter. Harga jual ke konsumen Rp 14.000 perliter" Ucap Eka.

Operasi pasar minyak goreng bersubsidi ini disambut baik oleh pedagang di Pasar Madyopuro. Pasalnya selama dua bulan terakhir, para pedagang cukup kesulitan untuk mendapatkan pasokan minyak goreng bersubsidi.

"Biasanya dapat harga Rp 165 ribu per karton jualnya Rp 15 ribu per liter," ucap Woke, salah satu pedagang Pasar Madyopuro.

Seperti diketahui sebelumnya, minyak goreng bersubsidi atau Minyakita sempat langka di pasaran dan harga jual diatas harga yang telah ditentukan. Dengan operasi pasar ini, Diskopindag akan melakukan pemantauan di pasar, untuk memastikan Minyakita dijual tidak lebih dari Harga Eceran Tertinggi (HET) yang telah ditentukan.

#operasipasar #minyakita 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x