Kompas TV regional sosial

Kisah Para Pengolah Sampah di Yogyakarta, Sulap Plastik Jadi Wayang hingga Bahan Bakar

Kompas.tv - 28 Januari 2023, 10:30 WIB
kisah-para-pengolah-sampah-di-yogyakarta-sulap-plastik-jadi-wayang-hingga-bahan-bakar
Iskandar Harjodimulyo, seorang seniman, sedang menyelesaikan pembuatan wayang uwuh berbahan sampah plastik di rumahnya di Demangan, Yogyakarta, Jumat (27/1/2023). (Sumber: Kompas TV/Kurniawan Eka Mulyana)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Edy A. Putra

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV – Iskandar Harjodimulyo terlihat sedikit sibuk pada Jumat (27/1/2023) pagi lalu. Jemari tangan kanannya lincah menggerakkan sapu lidi menyusuri jengkal demi jengkal tanah.

Dedaunan kering yang berguguran di sekitar tempat itu, Angkringan Wayang Uwuh, yang terletak di Jalan Bimasakti, Demangan, Gondokusuman, Kota Yogyakarta, disapunya hingga terkumpul di satu tempat.

Berbeda dengan angkringan pada umumnya, lukisan beberapa tokoh wayang tampak menghiasi warung milik Iskandar tersebut.

Rak yang ada di warung itu juga berbeda dengan angkringan lain. Di situ, tertata rapi belasan bahkan mungkin puluhan buku bacaan. Sementara di sudut lain, terdapat puluhan wayang yang dibuat dari limbah.

Iskandar sengaja menyiapkan buku-buku bacaan di warungnya untuk pengunjung yang gemar membaca. Pengunjung boleh membacanya gratis, tapi tidak boleh dibawa pulang.

Sedangkan puluhan wayang di warungnya merupakan hasil karya Iskandar. Ia mendaur ulang sampah, khususnya sampah plastik menjadi karya seni wayang.

Suara sapu lidi yang tadi bergesekan dengan bumi, perlahan menghilang. Iskandar telah selesai membersihkan halaman di sekitar warungnya.

Mengenakan kaus putih bergambar salah satu tokoh pewayangan dan sarung motif batik, ia menceritakan awal dirinya tertarik memproduksi wayang berbahan sampah atau uwuh.

Saat duduk di bangku sekolah dasar (SD), Iskandar suka menonton pertunjukan wayang. Ia pun mulai mencoba membuat wayang. Tapi kala itu, ia membuatnya dari bahan kardus.

Namun hobinya tersebut terhenti kala Iskandar duduk di bangku sekolah menengah pertama (SMP). Baru berlanjut ketika ia duduk di bangku kelas 3 sekolah menengah atas (SMA).

“Terus waktu kuliah sama sekali nggak nyentuh (wayang, red), malah aktif di misi kemanusiaan, KSR (Korps Sukarela, red), dan pecinta alam. Saya sering ikut misi mencari orang hilang di gunung, sampai ikut cari pesawat jatuh,” tuturnya mengenang.

Baca Juga: Ibu- Ibu Olah Sampah Jadi Kerajinan Bernilai Ekonomi

Setelah lulus kuliah, Iskandar merantau ke Jakarta dan bekerja sebagai internal auditor di salah satu perusahaan multinasional. Ia beberapa kali beralih profesi.

Pada tahun 2002, ia memutuskan untuk berhenti dari pekerjaannya dan fokus menjadi seorang seniman. Ia kembali melukis wayang di kertas dan kaca.

Iskandar mengaku sempat beberapa kali mengikuti dan menggelar pameran seni rupa.

Ia sempat bingung mencari ide karya karena saat itu uang yang dimilikinya cukup minim. Kala itu, ia juga aktif menjadi relawan di bantaran Sungai Ciliwung.

Suatu ketika, di tahun 2013, seusai banjir melanda bantaran Ciliwung, ia melihat banyak sampah berserakan. Ide pun muncul di kepala Iskandar. Ia ingin membuat wayang uwuh atau wayang yang berbahan baku sampah.

Dalam pikiran Iskandar, ada dua sisi positif dari berkarya menggunakan bahan limbah, yakni mendaur ulang sampah plastik sekaligus melestarikan budaya.

Sebagai seorang pecinta alam, Iskandar selalu berusaha melestarikan dan membela alam. Sehingga apa pun yang dilakukannya selalu mempertimbangkan kelestarian alam.

“Otomatis apa pun yang saya lakukan saya tetap membela alam. Supaya bumi tetap lestari, tidak dikotori oleh limbah, karena bagaimana pun bumi itu paling bijaksana,” kata dia.

Baca Juga: Aktivis Lingkungan Edukasi Bank Sampah pada Anak Usia Dini

“Ini digambarkan di wayang, warna bumi itu hitam, makanya ada tokoh yang wajahnya warna hitam, supaya bijaksana seperti bumi. Bumi itu diinjak-injak, dicangkul, tapi kalau ditanami, hasilnya bisa untuk manusia.”

Iskandar juga mengaku cukup prihatin dengan generasi muda yang mulai jauh dan meninggalkan wayang. Sebab, cerita dan tokoh dalam pewayangan menggambarkan budi pekerti.

Menurutnya, banyak simbol-simbol yang mengajarkan kebaikan dalam tokoh pewayangan, yang bisa ditiru dan diteladani.

Ia juga memilih wayang sebagai karya karena dirinya menargetkan wayang berbahan limbah bisa lebih dikenal di luar negeri.

Iskandar Harjodimulyo, seorang seniman, sedang menyelesaikan pembuatan wayang uwuh berbahan sampah plaastik di rumahnya di Demangan, Yogyakarta, Jumat (27/1/2023). (Sumber: Kompas TV/Kurniawan Eka Mulyana)

“Saya targetnya kan dikenal secara internasional adalah mengangkat wayang di dunia internasional, mereka itu sangat respect dengan karya yang dibuat dari limbah.”

Saat ini, wayang buatan Iskandar sudah dipamerkan dan dijual di Bangkok, Thailand, secara tetap.

“Alhamdulillah di Bangkok ada yang jual di sana, dipamerkan sambil dijual secara tetap. Itu dampak dari tahun 2017 saya diundang ke Bangkok untuk pameran lukis kaca dan wayang uwuh,” urainya.

Tokoh wayang yang pertama kali dibuatnya adalah Gareng. Ia memanfaatkan botol bekas kemasan air mineral sebagai media untuk berkarya.

“Gareng itu menunjukkan orang yang setiti (teliti), ngati-ati (berhati-hati), dan jujur. Dia nggak mau mengambil barangnya orang lain. Saya tertarik pada sifat Gareng,” kata Iskandar menjelaskan alasannya memilih tokoh Gareng.

Ia juga membuat wayang uwuh tokoh lainnya, seperti Pandawa, tokoh dalam babad Ramayana, dan Dasa Muka.

Baca Juga: Olah Sampah Organik Jadi Produk Sabun

Iskandar mengaku dirinya bahkan pernah mencoba memproduksi wayang Sasak dan wayang Bali menggunakan bahan limbah plastik.

Dia juga menciptakan tokoh wayang sendiri, sesuai dengan imajinasi yang muncul dalam benaknya.

Wayang-wayang buatannya pun mulai bernilai ekonomis. Ia menjualnya dengan harga mulai Rp25 ribu, tergantung dari kerumitan gambar serta proses pembuatan.

Iskandar menggunakan cat akrilik berwarna ngejreng untuk wayang-wayang buatannya. Ide pemilihan warna ngejreng itu diperolehnya seusai memberi materi dalam workshop tentang wayang uwuh dan lukis kaca di Bangkok pada tahun 2017 lalu.

“Wayang saya ini rata-rata warnanya ngejreng, itu karena dari proses saya memberi workshop di luar negeri (Bangkok), pesertanya dari Eropa, Amerika, dan lain-lain.”

“Untuk pewarnaan dalam workshop itu saya bebaskan, tapi saya jelaskan untuk muka warnanya kalau bisa jangan diubah,” tuturnya.

Menurutnya, peserta workshop tersebut memiliki selera warna yang berbeda-beda, dan biasanya selera warna itu terbawa dari negaranya masing-masing.

Warna wajah tokoh wayang, lanjut Iskandar, sebisa mungkin jangan diubah. Sebab itu menyesuaikan karakter dan kondisi si tokoh.

Iskandar memilih plastik yang tidak terlalu tipis tapi juga tidak terlalu tebal sebagai bahan pembuatan wayang. Sebab, jika terlalu tebal, akan menyulitkan proses pengerjaan.

Waktu yang dibutuhkan untuk pembuatan wayang cukup beragam, tergantung pada kerumitan motif serta besar kecilnya wayang.

“Ada yang sampai beberapa bulan, itu yang sunggingan atau polanya kecil-kecil dan rumit. Tergantung pada ide dan mood juga.”

Menyulap Limbah Plastik Jadi Bahan Bakar

Berbeda dengan Iskandar, seorang pria paruh baya lain di kawasan Kelurahan Jogotirto, Kabupaten Berbah, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Kusnadi Priyono, mengolah limbah plastik menjadi bahan bakar minyak (BBM).

Saat ditemui di rumahnya, Rabu (25/1/2023) petang, Kusnadi menunjukkan proses pengolahan sampah plastik menjadi BBM.

Beberapa karung putih berisi sampah plastik tergeletak di halaman samping kiri rumah Kusnadi. Sekitar dua meter dari tumpukan karung berisi sampah tersebut, berdiri satu mesin pengolah limbah berkapasitas 5 kilogram.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x