Kompas TV regional berita daerah

Aktivis Lingkungan Edukasi Bank Sampah pada Anak Usia Dini

Kompas.tv - 3 Januari 2023, 21:00 WIB
Penulis : KompasTV Jember

JEMBER, KOMPAS.TV - Sekelompok anak di Kabupaten Jember Jawa Timur mendapat edukasi pengolahan sampah organik dan non organik oleh aktivis bank sampah. Kegiatan itu dilakukan untuk meningkatkan kepedulian pada kebersihan lingkungan.

Edukasi mengolah sampah digelar di luar jam sekolah oleh komunitas bank sampah Desa Suci Kecamatan Panti Kabupaten Jember.

Sasaran edukasi adalah anak-anak yang masih duduk di bangku sekolah dasar. Mereka diberi pengetahuan tentang sampah organik dan non organik sampah dapat terurai dan tidak terurai, serta sampah bahan berbahaya dan beracun.

Mereka juga dilatih cara memilah sampah, mulai sampah plastik, bungkus makanan ringan, botol minuman, maupun bungkus makanan stereo foam. Kegiatan ini untuk menumbuhkan kepedulian anak pada lingkungan dan kesehatan.

Baca Juga: Sampah Plastik Disulap Jadi Tas dan Taplak Cantik

Anak-anak mengaku senang karena latihan dilakukan sambil bermain. Usai memahami jenis sampah, anak-anak diberi pemahaman tentang manfaat masing-masing jenis sampah, seperti sampah plastik yang bisa didaur ulang dan dibuat aneka macam kerajinan bernilai ekonomi tinggi.

 

#banksampah #pengolahansampah #sampahorganik #edukasi



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x