Kompas TV nasional gaya hidup

4 Kebiasaan Sederhana Ini Bisa Menurunkan Berat Badan, Apa Saja?

Kompas.tv - 22 Januari 2023, 06:40 WIB
4-kebiasaan-sederhana-ini-bisa-menurunkan-berat-badan-apa-saja
Ilustrasi menurunkan berat badan. Beberapa kebiasaan sederhana ini dapat membantu Anda yang ingin menurunkan berat badan. (Sumber: i yunmai on Unsplash)

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV - Beberapa kebiasaan sederhana dapat membantu Anda yang ingin menurunkan berat badan. Hal-hal sederhana yang dilakukan secara rutin ini disarankan untik Anda yang merasa kelebihan berat badan.

Melansir Kompas.com, ahli diet Melissa Mitri menyebut ada beberapa kebiasaan sederhana yang bisa menurunkan berat badan. Tentunya hal-hal itu perlu dilakukan setiap hari.

"Tambahkan kebiasaan kecil ke rutinitas harian Anda untuk perbedaan besar dalam upaya penurunan berat badan Anda," kata Melissa.

Baca Juga: Manfaat Rebusan Kayu Manis, Bisa Turunkan Kadar Gula Darah dan Berat Badan

Berikut empat kebiasan sederhana yang bisa membantu menurunkan berat badan.

4 kebiasaan sederhana untuk menurunkan berat badan

1. Olahraga rutin

Berolahraga, terutama jika dilakukan secara rutin, dapat membantu seseorang menurunkan berat badan. Kegiatan ini juga baik bagi kesehatan tubuh.

Pada saat bersamaan, Anda disarankan berolahraga rutin sembari mencari tahu biang kenaikan berat badan seperti kebiasaan makan berlebih pada malam hari.

Membiasakan diri berolahraga sembari menghentikan kebiasaan yang menyebabkan berat badan berlebih dapat menjadi kombinasi efektif menurunkan berat badan.

2. Menambah asupan protein

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam The American Journal of Clinical Nutrition menyebut bahwa diet tinggi protein efektif mengatasi obesitas.

Konsumsi protein tinggi pun sebaiknya dilakukan pada pagi hari. Pasalnya, protein tinggi yang dikonsumsi saat sarapan akan mengatur metabolisme tubuh sehingga lebih bisa mengendalikan nafsu makan.

3. Kurangi gula

Gula umum diketahui bisa menyebabkan naiknya berat badan. Pembatasan konsumsi gula pun disarankan jika Anda ingin menurunkan berat badan.

Anda disarankan mengurangi atau menghentikan makanan tinggi gula seperti soda, minuman berenergi, permen, atau makanan/minuman kemasan lain yang mengandung banyak gula.

Caranya, Anda bisa memperhatikan label nilai gizi pada kemasan makanan/minuman sebelum membelinya.

4. Minum air putih 

Konsumsi air putih yang cukup dapat membantu Anda menurunkan berat badan. Konsumsi air putih diketahui dapat mempercepat metabolisme tubuh.

Efek terhadap metabolisme tersebut dapat membuat tubuh menekan nafsu makan. Tubuh pun bisa jadi lebih produktif.

Air putih disebut dapat mengurangi asupan kalori cair dalam tubuh. Air putih juga bisa membantu tubuh membakar lemak.

Selain itu, konsumsi air putih cukup baik bagi kesehatan karena membantu pembuangan bakteri melalui urine dan menambah stamina saat olahraga.

Baca Juga: Daftar Diet Terbaik 2023 untuk Menurunkan Berat Badan, Mana yang Harus Diikuti?


 



Sumber : Kompas.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x