Kompas TV entertainment lifestyle

Manfaat Rebusan Kayu Manis, Bisa Turunkan Kadar Gula Darah dan Berat Badan

Kompas.tv - 10 Januari 2023, 19:12 WIB
manfaat-rebusan-kayu-manis-bisa-turunkan-kadar-gula-darah-dan-berat-badan
Ilustrasi rebusan kayu manis. (Sumber: Pexels/Ngô Tr ng An)
Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kayu manis merupakan salah satu rempah yang kerap ditemui sebagai bumbu dapur. Di balik aromanya yang wangi, kayu manis rupanya bisa dijadikan rebusan yang memiliki segudang manfaat.

Cukup merendamnya dengan air mendidih atau ditumbuk menjadi bubuk kemudian diseduh, rebusan kayu manis dapat membantu menurunkan kadar gula darah hingga menurunkan berat badan.

Melansir dari Healthline, berikut manfaat rebusan kayu manis.

Baca Juga: Rebusan Daun Salam Bisa Cegah Pembentukan Karang Gigi, Ini Cara Membuatnya

Menurunkan kadar gula darah

Kayu manis memiliki efek antidiabetes yang kuat sehingga dapat menurunkan kadar gula darah. Gulungan kayu ini bertindak dengan cara yang mirip dengan insulin, hormon yang bertanggung jawab mengeluarkan gula dari aliran darah.

Senyawa yang ditemukan di kayu manis bekerja dengan menurunkan resistensi insulin sehingga dapat meningkatkan efektivitas insulin.

Tak hanya itu, kayu manis juga dapat membantu memperlambat pemecahan karbohidrat di usus sehingga mencegah kadar gula darah melonjak setelah makan.

Menurunkan berat badan

Sejumlah studi mengaitkan asupan rebusan kayu manis dengan penurunan lemak atau pengurangan lingkar pinggang. Studi lain juga menemukan bahwa rebusan kayu manis dapat mengontrol asupan kalori dengan baik.

Pada studi yang lebih komprehensif, ditemukan bahwa responden dapat mengurangi 0,7 persen massa lemak dan mendapatkan 1,1 persen massa otot setelah mengonsumsi 5 sendok teh atau 10 gram bubuk kayu manis (yang diseduh) per hari selama 12 minggu.

Anda dapat menirunya untuk menurunkan berat badan, tetapi jangan sampai berlebihan. Pasalnya, mengonsumsi kayu manis dalam jumlah besar cukup berbahaya bagi hati.

Baca Juga: Manfaat Rebusan Kunyit, Lengkuas dan Jeruk Nipis, Bikin Tak Mudah Flu di Musim Hujan

Meningkatkan kesehatan jantung dan menurunkan kolesterol

Sebuah penelitian menemukan bahwa kayu manis dapat menurunkan tekanan darah, trigliserida, kadar kadar kolesterol jahat pada tubuh. Kayu manis juga membantu meningkatkan kadar kolesterol baik sehingga menyehatkan jantung.

Tinjauan terhadap 10 penelitian serupa menunjukkan bahwa Anda dapat mengonsumsi 120 mg bubuk kayu manis setiap hari untuk mendapatkan manfaat tersebut.

Memelihara fungsi otak

Penelitian tabung reaksi dan hewan menunjukkan bahwa kayu manis dapat melindungi sel-sel otak dari penyakit alzheimer dan meningkatkan fungsi motorik pada mereka yang menderita penyakit Parkinson.

Baca Juga: Minum Rebusan Daun Pandan Wangi Mampu Turunkan Asam Urat, Ini Cara Buatnya

Melawan penuaan kulit

Rebusan kayu manis juga dapat meningkatkan pembentukan kolagen pada kulit sehingga meningkatkan elastisitas dan hidrasi kulit. Hal inilah yang akan mengurangi munculnya penuaan pada kulit.



Sumber : Healthline


BERITA LAINNYA



Close Ads x