Kompas TV regional berita daerah

Kue Mochi, Kudapan Manis dan Kenyal Khas Imlek

Kompas.tv - 20 Januari 2023, 12:49 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SEMARANG, KOMPAS.TV - Kemeriahan Imlek tidak hanya tergambar lewat pernak-pernik, namun juga hidangan di meja makan. Dalam masyarakat Tionghoa, menyajikan hidangan saat Imlek menjadi salah satu tradisi yang dianggap penting.

Selain kue keranjang, kue mochi juga dapat menjadi kudapan yang kerap dihidangkan di Hari Raya Imlek karena kudapan manis dengan tekstur kenyal ini biasanya dijadikan hidangan penutup saat makan bersama di Hari Raya Imlek dan dipercaya membawa keberuntungan.

Salah satu toko kue mochi di Kota Semarang yang saat ini masih bertahan hingga generasi ketiga, menawarkan kue mochi klasik isian kacang taburan wijen dan kue mochi taburan tepung dengan beragam varian rasa, seperti durian, coklat, stroberi, teh hijau, kacang merah, serta wijen hitam.

Toko kue mochi ini menggunakan cara konvensional dan tidak menggunakan pengawet dalam proses pembuatan produknya sehingga kue mochi hanya bisa bertahan selama tujuh hari di suhu ruangan.

“Kalau zaman dahulu mungkin ada tradisional kue mochi Sukabumi itu biasanya dari tepung, nenek saya itu menciptakan inovasi dibuatlah yang taburannya wijen,”kata Priscilla, pemilik Kueh Moaci Gemini.

Kepopuleran kue mochi ini tidak hanya terdengar di Kota Semarang, namun juga hingga luar kota sehingga kue mochi ini kerap diburu untuk menjadi buah tangan para pelancong yang datang ke Kota Semarang.

“Kita dari dahulu beberapa kali sih beli Mochi Gemini terus kebetulan kita lagi jalan-jalan ke Semarang dan inget Mochi,”ujar Clara dan Yuni, pelanggan dari Jakarta.

Bagi Anda yang berlibur ke Kota Semarang, tidak ada salahnya mencicipi kue mochi legendaris ini yang bisa didapatkan di Jalan Kentangan Barat Nomor 101, Kota Semarang, Jawa Tengah. Harga satu kotak kue mochi dibandrol mulai dari Rp 25 ribu hingga Rp 60 ribu tergantung isi dan varian rasa.

#kuemochi #semarang #imlek



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x