Kompas TV olahraga sepak bola

Jika Terpilih sebagai Wakil Ketua Umum PSSI, Menpora Yakin Piala Dunia U20 Lancar

Kompas.tv - 19 Januari 2023, 22:17 WIB
jika-terpilih-sebagai-wakil-ketua-umum-pssi-menpora-yakin-piala-dunia-u20-lancar
Menpora Zainudin Amali.(Sumber: Kemenpora.go.id)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali yakin persiapan Piala Dunia U20 2023 yang digelar di Indonesia akan semakin lancar jika dirinya terpilih menjadi Wakil Ketua Umum PSSI 2023-2027.

"Ya, semakin lancar (persiapan Piala Dunia U-20 jika dirinya menjadi wakil ketua umum PSSI -red)," kata Menpora di Gelora Bung Karno (GBK) Arena, Jakarta, dikutip dari Antara, Kamis (19/1/2023). 

Sebagai informasi, dalam Keputusan Presiden (Keppres) dan Instruksi Presiden (Inpres) tentang dukungan Penyelenggaraan Piala Dunia U20 tahun 2023, ada tiga penanggung jawab untuk penyelengaraan turnamen terbesar kedua FIFA itu. 

Salah satu penanggung jawab adalah PSSI yang bertanggung jawab untuk LOC atau panitia lokal serta prestasi tim nasional. 

Sementara penanggung jawab infrastruktur adalah Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), sedangkan penanggung jawab dukungan terhadap penyelenggaraan yakni Menpora.

Menpora lantas membentuk dan mengetuai Indonesia FIFA U20 World Cup 2023 Organizing Committee atau INAFOC. 

Menurut Menpora, dalam persiapan Piala Dunia U20 2023 itu, tugas PSSI paling berat karena bertindak sebagai LOC. 

"Yang berat itu LOC dan LOC itu PSSI," tutur Zainudin Amali.

Baca Juga: Rapat dengan PSSI Bahas Liga 2, Menpora: Hasilnya akan Jadi Pegangan Pemerintah

Meski yakin Piala Dunia U20 berjalan lancar andai ia terpilih sebagai Wakil Ketua Umum PSSI, Menpora tidak mau berandai-andai.

Apalagi, dirinya masih menjadi bakal calon Wakil Ketua Umum PSSI 2023-2027 dan belum memenangkan pemilihan dalam Kongres Luar Biasa yang bakal dilangsungkan pada 16 Februari mendatang. 

"Nanti saja kalau sudah terpilih," tukas Menpora.

Piala Dunia U20 2023 bakal digelar di Indonesia pada 20 Mei-11 Juni. Turnamen untuk pemain muda ini akan diikuti 24 negara termasuk Indonesia sebagai tuan rumah.

Enam stadion pun sudah disiapkan untuk menjadi venue di Piala Dunia U20, yaitu Stadion Utama Gelora Bung Karno (Jakarta), Stadion Jakabaring (Palembang), Stadion Si Jalak Harupat (Bandung), Stadion Manahan (Solo), Stadion Gelora Bung Tomo (Surabaya), dan Stadion Kapten I Wayan Dipta (Gianyar, Bali).

Keenam stadion tersebut saat ini sedang dalam pengerjaan untuk ditingkatkan fasilitasnya agar siap digunakan di Piala Dunia U20 2023.

Baca Juga: Menpora Bertemu PSSI dan PT LIB, Yunus Nusi Sebut Ada Angin Positif soal Keberlanjutan Liga 2


 

 

 



Sumber : Antara


BERITA LAINNYA



Close Ads x