Kompas TV feature news or hoax

Jalanan Berlubang Gara-gara Ada Sumur Resapan? NEWS OR HOAX

Kompas.tv - 17 Januari 2023, 21:50 WIB
Penulis : Ade Indra Kusuma

KOMPASTV - Beredar sebuah video  yang memperlihatkan sebuah mobil yang terperosok akibat sebuah lubang di jalan raya yang tiba-tiba muncul setelah dilewati oleh sebuah truk. Video disertai narasi yang  mengklaim bahwa lubang tersebut merupakan akibat dari sumur resapan.

Namun saat dicek, narasi video yang beredar tersebut diketahui tidak benar atau hoaks.

Baca Juga: Viral Awan Berbentuk Tangan Manusia, Berikut Penjelasannya - NEWS OR HOAX

Berdasarkan penelusuran, lubang yang muncul secara tiba-tiba di tengah jalan raya dan menyebabkan sebuah mobil terperosok itu merupakan fenomena sinkhole.

Dilansir dari kompas.com, sinkhole adalah lubang di tanah yang disebabkan oleh erosi dan drainase air. Sinkhole bisa muncul karena adanya medan karst yang merupakan area di mana batuan dasar seperti batu kapur atau gipsum terlarut dengan air bawah tanah. Lantaran minimnya kandungan asam dalam air, batuan tersebut menyerap karbon dioksida di udara. Kemudian batuan dasar membentuk jalur atau saluran di dalam batu.

Batuan dasar yang jalurnya terbuka secara bertahap menjadi aus, dan seiring berjalannya waktu retakan terjadi secara alami. Semakin terkikis maka dapat menyebabkan tanah ambles dan sinkhole pun terbentuk.

Baca Juga: Hoax Gas Air Mata Meledak di GBK, Ini Faktanya! - NEWS OR HOAX

Sementara itu, berdasarkan penelusuran video tersebut, dilansir dari internethaber.com, kejadian itu bukanlah di Indonesia, melainkan di Brasil dan tidak ada sangkut pautnya dengan sumur resapan seperti pada klaim.

Jadi, video dengan narasi fenomena sinkhole terjadi karena adanya sumur resapan, adalah  informasi tidak benar atau hoaks.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x