Kompas TV feature news or hoax

Viral Awan Berbentuk Tangan Manusia, Berikut Penjelasannya - NEWS OR HOAX

Kompas.tv - 17 Januari 2023, 21:34 WIB
Penulis : Ade Indra Kusuma

KOMPASTV - Beredar sebuah video yang memperlihatkan sekumpulan orang  berteriak melihat awan berbentuk menyerupai tangan manusia di langit Amerika. Video yang memperlihatkan bentuk aneh formasi awan itu dibagikan pada 29 November 2022. Video tersebut disertai narasi, “a strange cloud in the sky of America”.

Namun, saat dicek, kebenaran narasi video yang beredar tersebut tidak bisa dipertanggungjawabkan atau berita tidak benar.

Baca Juga: Hoax Gas Air Mata Meledak di GBK, Ini Faktanya! - NEWS OR HOAX

Hasil penelusuran  dengan menggunakan reverse image google dan yandex menemukan, bahwa   jejak digital gambar formasi awan berbentuk tangan manusia telah beredar di internet sejak tahun 2020.

Diketahui video tersebut merupakan karya konten kreator tiktok dengan nama akun @myuz_gaza1 yang diunggah pada November 2022. Sementara gambar formasi awan berbentuk tangan manusia telah beredar di internet sejak 2020.

Diketahui, sebelum mengunggah videonya, akun @myuz_gaza1 menyunting terlebih dahulu video  dengan tambahan atmosfer dan suasana kepanikan sejumlah orang yang mengabadikan formasi awan tersebut.

Baca Juga: Sakit Kaki Kiri Dioperasi yang Kanan, Kasus Bidan Evarida Berlanjut - NEWS OR HOAX

Tenyata, akun tiktok @myuz_gaza1 kerap mengunggah video yang memperlihatkan formasi awan yang unik ataupun makhluk misterius. Video-videonya banyak yang viral dan disebarkan dengan sejumlah klaim.

Jadi, narasi  video dengan klaim orang-orang panik menyaksikan formasi awan berbentuk tangan manusia di langit Amerika adalah tidak benar atau hoaks.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA


Close Ads x