Kompas TV regional peristiwa

Dua Korban Tenggelam saat Banjir di Kudus Ditemukan Mengapung, Warga Evakuasi Pakai Sampan

Kompas.tv - 3 Januari 2023, 12:51 WIB
dua-korban-tenggelam-saat-banjir-di-kudus-ditemukan-mengapung-warga-evakuasi-pakai-sampan
Evakuasi dua korban tenggelam di areal persawahan di Desa Bulungcangkring, Kecamatan Jekulo, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, Selasa (3/1/2023). (Sumber: Kompas.TV/Ant)
Penulis : Fransisca Natalia | Editor : Iman Firdaus

KUDUS, KOMPAS.TV – Dua korban tenggelam saat menaiki sampan di genangan banjir di areal persawahan di Desa Bulungcangkring, Kecamatan Jekulo, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, akhirnya ditemukan dalam keadaan sudah tak bernyawa.

"Kedua korban ditemukan mengambang hari ini, Selasa  (3/1) sekitar pukul 05.00 WIB," jelas Kasi Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kudus Munaji di Kudus, Selasa (3/1/2023), dikutip dari Antara.

Munaji menuturkan, tim gabungan sebelumnya telah melakukan upaya pencarian, tapi belum membuahkan hasil.


 

Ternyata, pada Selasa (3/1) pagi kedua jasad korban tenggelam itu diketahui warga mengambang di air. Warga desa setempat pun kemudian melakukan evakuasi dengan menggunakan sampan.

Adapun kedua korban tenggelam tersebut, yakni Fandy dan Tain sama-sama dari Desa Bulung Cangkring.

Baca Juga: Gubernur Ganjar Cek Situasi Banjir di Semarang, Banyak Kawasan Belum Surut

Kronologi

Kronologis kejadian berawal ketika tiga anak, yakni Deny, Fandy dan Tain bermain dengan perahu dayung untuk mencari ikan milik mbah Sakeh yang merupakan kakek korban di areal persawahan yang tergenang banjir pada Minggu (1/1) pukul 16.00 WIB.

Setelah sampai di tengah, tiba-tiba sampannya oleng dan tiga korban terjatuh ke dalam  air dan tenggelam bersama perahu yang terbuat dari kayu bangkirai tersebut. Korban Deny berhasil diselamatkan, sedangkan kedua temanya tidak bisa diselamatkan.

Tim pencarian yang terlibat dalam hal ini, mulai dari personel BPBD Kudus, relawan, Basarnas Kansar Jepara, Pemdes Bulung Cangkring, serta TNI dan Polri.

Luasan banjir di Kudus

Sebelumnya, dampak banjir di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, diketahui meluas ke 21 desa yang tersebar di lima kecamatan.

Disebutkan Munaji pada Senin (2/1), akibat banjir tersebut, sebanyak 27.554 orang terdampak dan warga yang mengungsi juga bertambah menjadi 652 orang dari data sebelumnya 643 orang.

Ratusan warga yang mengungsi tersebut tersebar di sembilan tempat pengungsian yang disediakan pemerintah maupun masyarakat, di antaranya ada yang mengungsi di Gedung DPRD Kudus, tempat ibadah, balai desa, gedung PKK, SD serta TPQ.

Baca Juga: Banjir Landa Beberapa Titik di Jawa Tengah, 2 Remaja di Kudus Hilang Tenggelam

 



Sumber : Kompas TV/Antara


BERITA LAINNYA



Close Ads x