Kompas TV internasional kompas dunia

Kendaraan Lapis Baja dan Orang-orang Bersenjata Serang Penjara Meksiko, 14 Orang Tewas

Kompas.tv - 2 Januari 2023, 06:36 WIB
kendaraan-lapis-baja-dan-orang-orang-bersenjata-serang-penjara-meksiko-14-orang-tewas
Tentara Meksiko berjaga di penjara Ciudad Juarez, Meksiko, Minggu (1/1/2023) setelah terjadi kerusuhan di penjara ini. (Sumber: The Associated Press.)
Penulis : Tussie Ayu | Editor : Desy Afrianti

MEXICO CITY, KOMPAS.TV - Sepuluh penjaga dan empat narapidana tewas pada Minggu (1/1/2023) ketika orang-orang bersenjata dengan kendaraan lapis baja menyerang sebuah penjara di negara bagian Ciudad Juarez, Meksiko, yang berseberangan dengan Amerika Serikat.

Kantor kejaksaan negara bagian Chihuahua mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa sekitar pukul 7 pagi berbagai kendaraan lapis baja tiba di penjara dan orang-orang bersenjata melepaskan tembakan ke arah penjaga. Selain korban tewas, 13 orang lainnya luka-luka dan sedikitnya 24 narapidana melarikan diri.

Baca Juga: Ngeri, Paket dari Meksiko Tujuan Amerika Ini Disita Bandara, Isinya 4 Tengkorak Manusia

Tentara Meksiko dan polisi negara bagian kembali menguasai penjara pada Minggu malam. Kantor kejaksaan negara mengatakan personelnya sedang menyelidiki peristiwa ini.

Seperti dikutip dari The Associated Press, kerusuhan penjara di Meksiko bukan pertama kalinya terjadi. Pada bulan Agustus lalu, kerusuhan di dalam penjara negara yang sama menyebar ke jalan-jalan Juarez dalam kekerasan yang menewaskan 11 orang.

Dalam kasus itu, dua narapidana dibunuh di dalam penjara dan kemudian anggota geng yang diduga mulai menembaki kota, membunuh empat pegawai stasiun radio yang sedang melakukan promosi di sebuah restoran.

Baca Juga: Petinju Meksiko ingin Hajar Messi karena Injak Jersey Timnas Meksiko di Ruang Ganti

Kekerasan sering terjadi di penjara-penjara Meksiko. Bentrokan sering meletus di antara narapidana antar geng, terutama di tempat-tempat seperti Juarez yang memiliki perwakilan kartel narkoba.

Sesaat sebelum serangan hari Minggu di penjara, kantor polisi kota tersebut diserang. Dalam peristiwa ini polisi berhasil menangkap empat orang setelah pengejaran. Belakangan, polisi membunuh dua pria bersenjata yang melarikan diri dengan sebuah mobil SUV.



Sumber : The Associated Press


BERITA LAINNYA



Close Ads x