Kompas TV internasional kompas dunia

G7 Desak Taliban Batalkan Larangan terhadap Perempuan Pekerja Bantuan Kemanusiaan

Kompas.tv - 30 Desember 2022, 01:05 WIB
g7-desak-taliban-batalkan-larangan-terhadap-perempuan-pekerja-bantuan-kemanusiaan
Kelompok negara-negara G7 meminta Taliban segera membatalkan larangan terhadap perempuan yang bekerja dengan LSM nasional dan internasional. (Sumber: AP Photo)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Vyara Lestari

LONDON, KOMPAS.TV - Kelompok negara-negara G7 meminta Taliban segera membatalkan larangan terhadap perempuan yang bekerja dengan lembaga swadaya masyarakat (LSM) nasional dan internasional.

Dalam pernyataan bersama yang dirilis pada Kamis (29/12/2022), para menteri luar negeri G7 dan perwakilan tinggi Uni Eropa mengatakan mereka sangat prihatin atas perintah Taliban yang dipandang "sembrono dan berbahaya."

"Taliban terus menunjukkan penghinaan mereka terhadap hak, kebebasan, dan kesejahteraan rakyat Afghanistan, khususnya perempuan dan anak perempuan, dan ketidaktertarikan mereka pada hubungan normal dengan masyarakat internasional," kata G7.

Ketika menyoroti peran sentral perempuan dalam operasi kemanusiaan dan kebutuhan dasar, para menlu G7 mengatakan mereka mendukung seruan rakyat Afghanistan agar anak perempuan dan perempuan kembali bekerja, bersekolah, dan mengenyam pendidikan tinggi di universitas.

Baca Juga: Dewan Keamanan PBB Secara Bulat Kecam Taliban yang Melarang Perempuan Bekerja dan Dapat Pendidikan

Menteri ekonomi Taliban Qari Din Mohammad Hanif. Pejabat tinggi PBB di Kabul hari Senin, (26/12/2022) bertemu seorang menteri pemerintah Taliban di ibu kota Afghanistan menyusul keputusan Taliban melarang perempuan bekerja di organisasi non-pemerintah LSM, kata misi PBB Afghanistan (Sumber: Afghnaistan Ministry of Economy)

Menlu Australia, Denmark, Norwegia, Swiss, dan Belanda juga bergabung dengan seruan negara-negara G7 serta Uni Eropa.

Sebelumnya, kepala komite penting yang didukung Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) di Afghanistan menekankan bahwa larangan tersebut mengandung konsekuensi langsung yang mengancam jiwa semua warga Afghanistan.

"Keputusan otoritas de facto Afghanistan untuk melarang perempuan bekerja di organisasi kemanusiaan nonpemerintah merupakan pukulan besar bagi komunitas yang rentan, bagi perempuan, anak-anak, dan seluruh negara," kata kepala Komite Tetap Antar-Lembaga di Afghanistan.

Komite tersebut mencakup kepala beberapa badan PBB dan kelompok masyarakat sipil.

Menurut surat kementerian ekonomi pada akhir pekan lalu, Taliban memerintahkan semua LSM lokal dan asing untuk menghentikan karyawan perempuan masuk kerja.


 

 



Sumber : Kompas TV/Antara


BERITA LAINNYA



Close Ads x