Kompas TV nasional rumah pemilu

PKB Sebut Sistem Pemilu Proporsional Tertutup Sempat Diusulkan PDIP

Kompas.tv - 29 Desember 2022, 19:50 WIB
pkb-sebut-sistem-pemilu-proporsional-tertutup-sempat-diusulkan-pdip
Wasekjen DPP PKB yang juga Ketua Komisi X Syaiful Huda di Gedung DPR (Sumber: Fadel Prayoga/Kompas.tv)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS TV - Wasekjen DPP PKB Syaiful Huda mengatakan, usulan pelaksanaan Pemilu 2024 dengan sistem proporsional tertutup sempat diajukan Fraksi PDIP DPR RI. 

Hal ini terkait pernyataan Ketua KPU RI Hasyim As'yari yang menyatakan ada potensi Pemilu 2024 diselenggarakan dengan sistem proporsional tertutup.

Baca Juga: Ketua KPU: Ada Kemungkinan Pemilu 2024 Terapkan Sistem Proporsional Tertutup

"Terkait dengan isu ini kan sempat memang didorong oleh teman-teman PDIP setahu saya, mungkin teman-teman bisa cross check ke teman-teman PDIP waktu itu semangatnya ingin pragmatisme politik tidak terlalu berlebihan," kata Huda kepada wartawan, Kamis (29/12/2022).

Ia menilai sistem proporsional terbuka yang sekarang ini tercantum dalam Undang-Undang Pemilu (UU Pemilu) sudah amat baik. 

"Ketika figur yang harus berkompetisi di dalam internal partai sendiri, mungkin dirasa di situlah lalu pragmatisme itu berpotensi ada, karena masyarakat, publik, memilih figur bukan partai. Partai akhirnya menjadi pilihan kedua setelah dominasi kuat dari kerja kampanye caleg-caleg," ujarnya. 

Menurut dia, pelaksaan pemilu dengan proporsional tertutup tidak mungkin terjadi, karena kini regulasinya mengatur proporsional terbuka. 

"Sampai hari ini, proporsional terbuka saya kira pilihan yang relatif sudah bagus lah, bahwa nanti akan ada skema baru dan seterusnya, kita hitung lagi pada periode berikutnya, Pemilu 2029, tidak menutup kemungkinan," katanya.

Sebelumnya, Hasyim menyebut, ada kemungkinan Pemilu 2024 akan menerapkan sistem proporsional tertutup. 

Ia mengatakan, sistem itu berpotensi diberlakukan bila Mahkamah Konstitusi (MK) mengabulkan gugatan terhadap UU Pemilu yang mengatur sistem pemilu proporsional terbuka, menjadi tertutup. 

Baca Juga: Ketua ke Seluruh Anggota KPU: Jangan Pernah Mengeluh Kalau Diadukan ke DKPP

"Ada kemungkinan, saya belum berani berspekulasi, ada kemungkinan kembali ke sistem proporsional daftar calon tertutup," kata Hasyim dalam sambutannya di acara Catatan Akhir Tahun 2022 Komisi Pemilihan Umum di Kantor KPU RI, Jakarta, Kamis (29/12/2022).


 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x