Kompas TV nasional hukum

Ahli Ungkap Kepribadian Ferdy Sambo: Kurang Percaya Diri, Butuh Orang Lain untuk Ambil Keputusan

Kompas.tv - 21 Desember 2022, 17:18 WIB
ahli-ungkap-kepribadian-ferdy-sambo-kurang-percaya-diri-butuh-orang-lain-untuk-ambil-keputusan
Terdakwa kasus pembunuhan berencana Brigadir Yosua Hutabarat, Ferdy Sambo,di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan. (Sumber: ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/aww)
Penulis : Tito Dirhantoro | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Ahli psikologi forensik Reni Kusumowardhani mengungkapkan kepribadian terdakwa kasus pembunuhan berencana terhadap Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J, Ferdy Sambo.

Menurut Reni, bekas Kepala Divisi Profesi dan Pengamanan (Kadiv Propam) Polri itu merupakan individu yang kurang percaya diri. Karena itu, Ferdy Sambo disebutnya membutuhkan dukungan orang lain ketika mengambil keputusan cukup besar.

Baca Juga: CCTV Rumah Ferdy Sambo Ungkap Richard Eliezer Bawa Senjata Laras Panjang saat Tiba dari Magelang

"Tipe kepribadiannya, pada dasarnya Bapak Ferdy Sambo ini merupakan individu yang kurang percaya diri,” kata Reni di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Jakarta, Rabu (21/12/2022).

“(Dia) membutuhkan dukungan orang lain di dalam bertindak dan mengambil keputusan, terutama untuk hal-hal yang besar."

Demikian penjelasan Reni itu disampaikan ketika membacakan hasil asesmen psikologi Ferdy Sambo dalam persidangan lanjutan kasus pembunuhan berencana terhadap Brigadir J.

Reni mengungkapkan, ada pengalaman kecil Ferdy Sambo yang membuatnya merasa nyaman apabila ada orang-orang yang melindungi di sekitarnya.

Baca Juga: Mabes Polri Jawab Ferdy Sambo yang Tuding Penyidik Ingin Semua Orang di Rumahnya Jadi Tersangka

Di sisi lain, Reni menilai Putri Candrawathi merupakan sosok istri yang memiliki kemampuan untuk menyesuaikan diri dengan tuntutan dari lingkungan sesuai dengan orang pada umumnya. 

Putri juga memiliki kemampuan untuk merespons secara cepat terhadap tekanan dari lingkungannya tersebut.

Selain itu, Reni menilai, Putri Candrawathi memiliki dependensi atau ketergantungan secara emosional kepada orang yang bisa menjadi objek bergantungnya, dalam hal ini seperti kepada orang tuanya dan suaminya.

Ketika jaksa bertanya apakah mungkin figur yang dapat menjadi objek bergantungnya adalah seorang ajudan, Reni menjawab bahwa hal tersebut memungkinkan.

Baca Juga: Terungkap, CCTV Rekam Putri Candrawathi Naik Lift Bareng Kuat Ma'ruf ke Lantai 3 Rumah Saguling



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x