Kompas TV nasional rumah pemilu

Survei Cawapres Poltracking: AHY Kuat di DKI, Ridwan Kamil di Jabar, Erick Thohir di Jateng

Kompas.tv - 15 Desember 2022, 21:02 WIB
survei-cawapres-poltracking-ahy-kuat-di-dki-ridwan-kamil-di-jabar-erick-thohir-di-jateng
Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY. (Sumber: Humas DPP Partai Demokrat. )
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Edy A. Putra

 

JAKARTA, KOMPAS.TV - Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), Erick Thohir, Ridwan Kamil, dan Sandiaga Uno menjadi bakal calon wakil presiden (cawapres) dengan elektabilitas tertinggi di Pulau Jawa menurut survei Poltracking Indonesia.

 

Direktur Eksekutif Poltracking Indonesia Hanta Yuda mengatakan keempatnya menjadi nama yang paling sering muncul dalam survei yang dilakukan lembaganya di lima provinsi di Pulau Jawa. 

"Kalau cawapres, dari survei kami di DKI Jakarta, Jawa Barat, Banten, Jawa Tengah dan Jawa Timur, itu berbeda-beda. Tapi ada empat nama yang hampir selalu muncul dengan angka dua digit," kata Yuda dalam program Kompas Petang KOMPAS TV, Kamis (15/12/2022). 

"Di Jakarta, dipimpin oleh AHY dengan 24 persen tetapi nomor dua ada Erick Thohir dengan 17 persen yang disusul Ridwan Kamil dan Sandiaga Uno," ungkapnya. 

"Kemudian di Banten, ada Agus unggul tipis dari Ridwan Kamis, kemudian Sandiaga dan Erick Thohir. Di Jawa Barat, Ridwan Kamil paling tinggi karena memang gubernur Jawa Barat, angkanya mencapai 29 persen kemudian disusul oleh AHY dan Erick Thohir."

"Nah di Jawa Tengah, Erick Thohir yang terkoneksi dengan pemilih Jokowi dan Ganjar, itu yang tertinggi hingga 25 persen disusul Ridwan Kamil. Di Jawa Timur itu imbang antara Gubernur (Jawa Timur, red) Khofifah dengan Erick Thohir di angka 18 persen," ungkapnya. 

Baca Juga: Survei Poltracking: Elektabilitas Anies Unggul di Tiga Provinsi di Pulau Jawa



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x