Kompas TV nasional peristiwa

Suasana Terkini Jelang Siraman Erina Gudono Calon Mantu Jokowi, Berikut Rangkaian Prosesi Hari Ini

Kompas.tv - 9 Desember 2022, 08:57 WIB
suasana-terkini-jelang-siraman-erina-gudono-calon-mantu-jokowi-berikut-rangkaian-prosesi-hari-ini
Situasi terkini jelang siraman Erina Sofia Gudono. Para tamu undangan tampak menghadiri kediaman Erina di Purwosari, Sinduadi, Mlati, Sleman, Jumat (9/12/2022). Keamanan melakukan pemindaian kepada para tamu dengan mengarahkannya ke security door terlebih dulu. (Sumber: Kompas.tv/Danang Suryo)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Desy Afrianti

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV - Calon menantu Presiden Joko Widodo, Erina Sofia Gudono akan melangsungkan prosesi adat siraman hari ini, Jumat (9/12/2022). Sejumlah tamu berbatik tampak telah hadir di lokasi kediaman Erina di Purwosari, Sinduadi, Mlati, Sleman.

Sebelum masuk ke lokasi pernikahan, para tamu dipindai terlebih dulu melalui security door. Petugas tampak mengarahkan tamu dalam pengecekan tersebut.

Mobil pengantar berupa golf car yang berlogo Universitas Gadjah Mada juga tampak wira-wiri mengantarkan tamu. Lokasi di sekitar kediaman Erina diketahui telah disterilkan.

Proses adat yang dilakukan hari ini adalah memajang tarub atau bleketepe. Kakak Erina, Allen Adam Gudono akan menjadi wali bagi sang adik.

Upacara adat yang akan dimulai terlebih dulu adalah sungkeman kepada orang tua. Selanjutnya ada langkahan sebagai tanda, pihak yang bersangkutan melangkahi terlebih dulu saudaranya yang belum menikah.

Air yang digunakan dalam siraman Erina diambil dari 7 sumber. Air tersebut adalah air zam-zam, air dari rumah calon mempelai pria dan wanita, air dari Pura Pakualaman dan Pura Mangkunegaran, serta air dari Kraton Yogyakarta dan air dari Kraton Surakarta.


Pemilik pengatur pernikahan, Pengantin Production Wigung Wratsangka mengatakan siraman Erina akan dilakukan oleh ibu Erina, Sofiatun Gudono.

Selain itu, siraman juga dilakukan oleh para sesepuh. Wigung mengatakan rencananya GKR Hemas dan GKBRAy Paku Alam X hadir dalam prosesi ini.

Proses adat juga dilakukan pihak Kaesang Pangarep. Teranyar, Jokowi beserta Eriana telah hadir di kediamannya, Jl. Kutai Utara, Sumber, Surakarta, Jawa Tengah.

Tampak juga Menteri Koordinator Maritim dan Investasi, Luhut Binsar Padjaitan. Ia hadir dengan baju beskap adat surakarta.




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x