Kompas TV regional peristiwa

Tim Gabungan Gelar Apel Persiapan Keamanan Jelang Pernikahan Kaesang-Erina

Rabu, 7 Desember 2022 | 19:16 WIB
tim-gabungan-gelar-apel-persiapan-keamanan-jelang-pernikahan-kaesang-erina
Komandan Korem 072/Pamungkas Brigjen TNI Puji Cahyono menjelaskan lebih lanjut terkait pengamanan tamu VVIP menjelang pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Sofia Gudono, di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Rabu (7/12/2022). (Sumber: Kompas TV/Eddward S Kennedy)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Hariyanto Kurniawan

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV - Tim gabungan yang terdiri dari TNI dan Kepolisian bersama tim kesehatan melakukan apel pengamanan very-very important person (VVIP) jelang pernikahan Kaesang Pangarep dengan Erina Sofia Gudono di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Rabu (7/12/2022).

Pantauan Kompas TV di lapangan, setidaknya terdapat ratusan anggota tim gabungan yang tergabung dalam beberapa puluhan peleton mengikuti apel ini. Peleton tersebut tergabung dalam kantong-kantong prioritas pengamanan.

Di belakang peleton juga tampak kendaraan-kendaraan taktis yang rencananya akan digunakan oleh pihak keamanan.

Komandan Korem 072/Pamungkas Brigjen TNI Puji Cahyono menjelaskan kegiatan pengamanan VVIP ini dilakukan menyambut pejabat setingkat Presiden dan Wakil Presiden.

Baca Juga: Selain Larangan Pakai Batik Parang Lereng, Ini Aturan Tamu Undangan Pernikahan Kaesang dan Erina

Pengamanan akan dilakukan di beberapa lokasi mulai dari wilayah Prambanan, Sleman, hingga DI Yogyakarta.

"Pengamanan ini dilaksanakan di beberapa lokasi, mulai dari Prambanan hingga DI Yogyakarta. Pengamanan rute sudah disiapkan, serta objek-objek untuk rombongan VVIP sudah disiapkan," jelasnya Puji kepada wartawan, Rabu.

Keamanan akan dipusatkan di lima titik seperti kediaman Erina Sofia Gudono, rute, Sheraton, Ambarrukmo, hingga Gedung Agung.

Sementara untuk lalu lintas akan diatur oleh pihak Direktorat Lalu Lintas Polda DI Yogyakarta.

Baca Juga: Kontroversi Pakaian Papua yang dikenakan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono, Bagaimana Menyikapinya?

"Dilihat situasi, jika memungkinkan akan terus lancar, jika ada crowded, ya mungkin dialihkan, tertutup. Kita akan memastikan jalur yang dilalui tidak ada masalah," lanjutnya.

Terkait pengamanan lanjutan menanggapi peristiwa bom bunuh diri di Polsek Astana Anyar, Kota Bandung hari ini, Puji mengatakan pengamanan yang dilakukan akan semaksimal mungkin.

"Setiap pengamanan dilakukan secara maksimal dan kemungkinan terjadi sudah diantisipasi. Mudah-mudahan di Yogyakarta ini tidak ada," jelasnya.

Ia menambahkan nantinya di lokasi tempat akad Kaesang-Erina akan dipasang monitor besar yang bisa digunakan masyarakat untuk menyaksikan langsung acara tersebut.

"Nanti disiapkan media center di lokasi akad, supaya masyarakat juga bisa menyaksikan jalannya pernikahan," jelasnya.

Baca Juga: Gibran Imbau Warga Tak Perlu Khawatir usai Bom Bunuh Diri Astana Anyar: Saya yang Jamin, Solo Aman

Puji mengatakan kegiatan selanjutnya usai menjalani apel keamanan di Stadion Maguwoharjo adalah melakukan pertemuan dengan Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa.

Ditanya lebih lanjut terkait di mana pertemuan dengan Andika Perkasa dilakukan, Puji hanya tertawa dan berseloroh kepada wartawan.

"Mau ngopi," ujarnya sambil terkekeh menyudahi pertemuan hari ini.

 


Sumber : Kompas TV

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.


BERITA LAINNYA


Close Ads x