Kompas TV entertainment selebriti

Selain Larangan Pakai Batik Parang Lereng, Ini Aturan Tamu Undangan Pernikahan Kaesang dan Erina

Rabu, 7 Desember 2022 | 15:53 WIB
selain-larangan-pakai-batik-parang-lereng-ini-aturan-tamu-undangan-pernikahan-kaesang-dan-erina
Kaesang Pangarep dan Erina Gudono. (Sumber: Instagram/@erinagudono)
Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Iman Firdaus

SOLO, KOMPAS.TV - Pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono tinggal menghitung hari. Keduanya akan menikah pada Sabtu (10/12/2022) di Pendopo Royal Ambarrukmo, Yogyakarta.

Rangkaian acara pernikahan kemudian berlanjut ke Solo. Kaesang dan Erina akan menjalani ngunduh mantu di Loji Gandrung, kemudian melakukan kirab menuju Pura Mangkunegaran, lokasi tasyakuran ngunduh mantu.

Sekitar 6.000 tamu undangan akan meramaikan hari bahagia putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi) ini di Pura Mangkunegaran. Namun, ada beberapa aturan yang harus diperhatikan.

Baca Juga: Jelang Pernikahan Kaesang 10 Desember, IPW Ingatkan Polri soal "Lone Wolf" Imbas Bom Astana Anyar

Larangan pakai batik parang lereng

Juru bicara pernikahan Kaesang dan Erina, Gibran Rakabuming Raka, mengatakan bahwa tamu undangan dilarang mengenakan batik parang lereng saat menghadiri tasyakuran ngunduh mantu di Pura Mangkunegaran.

“Untuk masuk Pura Mangkunegaran tidak boleh ada (batik) parang lereng,” kata Gibran di Solo, Selasa (6/12/2022), seperti dikutip dari Kompas.com.

Gibran mengatakan bahwa aturan itu merupakan kebijakan dari penguasa Pura Mangkunegaran, yakni Kanjeng Gusti Mangkunegara X.

Pasalnya, batik parang lereng merupakan batik yang hanya boleh dikenakan oleh kalangan bangsawan, bukan untuk masyarakat umum.

Baca Juga: Saat Ngunduh Mantu Kaesang dan Erina Hari Minggu, Pengamanan Gereja di Solo Ditingkatkan

Tak boleh beri sumbangan

Keluarga Jokowi memang tidak menerima sumbangan saat pernikahan Kaesang dan Erina. Gibran mengatakan, pihaknya tidak menyediakan kotak sumbangan saat acara resepsi berlangsung.

“Tidak ada (sumbangan). Saya dulu tidak ada yang pakai sumbangan, tidak ada kotak sumbangan,” ujar Gibran, Senin (5/12/2022).

Dilarang bawa mobil

Banyaknya tamu yang diundang pastinya akan menyebabkan kemacetan yang luar biasa jika semuanya membawa kendaraan pribadi. Oleh karenanya, pihak keluarga telah menyiapkan berbagai jenis penjemputan dan kantong parkir sehingga kendaraan tidak terpusat di satu tempat.

Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Ahmad Luthfi mengatakan bahwa pihaknya juga membantu memobilisasi para tamu. Dia bilang, akan ada sekitar 220 bus yang disiapkan untuk menyambut para tamu.

“Beberapa tamu akan kita jemput menggunakan bus, ada sekitar 220 bus yang disiapkan,” kata Luthfi, Sabtu (3/12/2022).

Baca Juga: Kaesang Pangarep Beri Pelangkah untuk 2 Kakak Erina Gudono Sebelum Menikah, Apa Itu?

Tamu undangan wajib menunjukkan undangan berbarcode

Kartu undangan pernikahan Kaesang dan Erina dibuat khusus dengan barcode yang tertera. Tamu wajib membawa undangan barcode tersebut saat memasuki lokasi resepsi.

Warga tak boleh berebut saat pembagian makanan gratis

Warga sekitar Solo rupanya bisa ikut meramaikan acara ngunduh mantu Kaesang dan Erina. Kedua mempelai nantinya akan menjalani kirab dari Loji Gandrung ke Pura Mangkunegaran.

Di sepanjang jalan, panitia akan menyediakan makanan gratis dari bisnis makanan Kaesang, seperti Sang Pisang, Ternakopi, Siap Mas, Mangkok Ku, Chili Pari, hingga Goola.

Namun, warga tak boleh berebut saat pembagian makanan gratis ini dibuka.

“Pokoknya yang tertib, jangan berebut, semuanya dapat,” kata Gibran.


Sumber : Kompas.com

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.


BERITA LAINNYA


Close Ads x