Kompas TV nasional peristiwa

Dari Peristiwa Ledakan di Kantor Polsek Astana Anyar, Kenapa Bom Bunuh Diri Sasar Markas Polisi?

Kompas.tv - 7 Desember 2022, 11:46 WIB
dari-peristiwa-ledakan-di-kantor-polsek-astana-anyar-kenapa-bom-bunuh-diri-sasar-markas-polisi
Pengamat terorisme Al Chaidar duga pelaku pemboman di Polsek Astana Anyar, Bandung, adalah kelompok ISIS (Sumber: Kompas TV)
Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Ahli terorisme  Al Chaidar menyebutkan, sasaran terorisme yang menyasar ke markas polisi terkait dengan sentimen kebencian kepada polisi yang menguat. 

Ia menduga, faktor kebencian itu menjadi latar motif dugaan bom bunuh diri yang terjadi di Kantor Polsek Astana Anyar, Bandung, Rabu (7/12/2022) pagi tadi. 

"Di Indonesia masih sentimen polisi. Sementara (Teror) di Pakistan dan kemudiam Thailand mereka tidak miliki sentimen kebencian kuat ke polisi," jelasnya, Rabu, dalam Breaking News Kompas TV. 

Baca Juga: Ini Daftar Serangan Teror ke Markas Polisi, Terbaru Bom Bunuh Diri di Polsek Astana Anyar Bandung

Ia menyebutkan, sentimen kebencian ini muncul lantaran polisi adalah kelompok yang paling sering mengejar, serta menangkapi kelompok mereka. 

"Karena memang polisi terdepan ini yang paling aktif terdepan mengejar kelompok teroris. Mereka sangat risih dan sangat benci kelompok polisi," jawabnya. 

Baca Juga: Pengamat: Dugaan Pelaku Bom Astana Anyar Terkait ISIS, Bila Sudah Berkeluarga, akan Diikuti Isteri

Lantas, Chaidar juga menyebutkan di kasus bom meledak diri di Markas Polsek Astana Anyar, Kota Bandung, Jawa Barat, para teroris ingin mengejar sensasi dan menyebarkan ketakutan ke publik

Ia juga menyebut, kelompok afiliasi ISIS di Indonesia, yaitu kelompok Jamaah Anshorut Daulah (JAD) sebagai terduga pelaku bom bunuh diri Polres Astana Anyar tersebut. 

"Mereka ingin efek berita besar. Mereka umumnya sedang berkonstestasi dengan kelompok lain seperti AlQaeda kalau di Indonesia Jamaah Islamiyah atau JI, tapi kelompok ini lama tidak lakukan penyerangan," jelasnya. 


 

Lantas, Chaidar menyebut bahwa faksi-faksir teror ini kerap bersaingan. Tujuan teror dan efek besar ini juga terkait perekrutan anggota baru yang mereka lakukan. 

"Kalau sudah lakukan itu, mereka merasa menang wacana," terangnya. 

"Teroris umumnya melakukan serangan karena perlu untuk kejar pengaruh di tengah masyarakat,agar mereka lebih kuat lagi lakukan rekrutmen," jelasnya. 

Baca Juga: Kesaksian Warga Lihat Bom Meledak di Polsek Astana Anyar: Suaranya Keras Banget, Panik

Sebelumya seperti diberitakan,  Ledakan diduga bom bunuh diri yang terjadi di Polsek Astana Anyar, Bandung Jawa Barat, Rabu (7/12/2022) menyebabkan tiga polisi luka-luka.

"Tiga orang anggota kami mengalami luka-luka sekarang sedang dirawat di RS Polri Sartika Asih," kata Kapolrestabes Bandung Kombespol Aswin Sipayung di Breaking News Kompas TV, Rabu.

Ia mengatakan bahwa ledakan terjadi setelah seorang laki-laki tiba-tiba masuk ke Kantor Polsek Astana Anyar ketika sedang dilaksanakan apel pagi pukul 08.20 WIB.

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x