Kompas TV olahraga sapa qatar

Inggris vs Senegal, Rooney: Tetap Pertahankan Skuad saat Kalahkan Wales

Kompas.tv - 4 Desember 2022, 19:09 WIB
inggris-vs-senegal-rooney-tetap-pertahankan-skuad-saat-kalahkan-wales
Marcus Rashford dari Inggris, atas, melompat gembira setelah mencetak gol pembuka selama pertandingan sepak bola grup B Piala Dunia antara Inggris dan Wales, di Stadion Ahmad Bin Ali di Al Rayyan, Qatar, Selasa, 29 November 2022. (Sumber: AP Photo/Frank Augstein)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Legenda Timnas Inggris, Wayne Rooney, meminta Gareth Southgate untuk tetap mempertahankan skuad utama The Three Lions saat menang 3-0 lawan Wales dalam pertandingan 16 besar Piala Dunia 2022 menghadapi Senegal, Minggu (4/12/2022) atau Senin (5/12/2022) dini hari WIB. 

Duel Inggris vs Senegal merupakan laga keempat di fase gugur Piala Dunia yang akan dilangsungkan di Stadion Al Bayt, Al Khor, Qatar. 

Rooney dalam kolomnya di Sunday Times menuliskan, laga di fase gugur merupakan pertandingan yang berat, terutama untuk Inggris. 

Akan tetapi, Rooney yang mencetak 53 gol dalam 120 penampilan untuk Three Lions tetap yakin, Harry Kane dkk bisa melewati adangan Senegal dan melangkah ke perempat final. 

"Saya bermain dalam lima pertandingan sistem gugur untuk Inggris dan kami hanya menang satu kali - melawan Ekuador di Piala Dunia 2006," tulis Rooney dikutip dari Daily Mail.

"Tersingkirnya kami melawan Islandia di Euro 2016 adalah contoh terbesar dari apa yang salah. Pikiran negatif memasuki pertandingan bukanlah masalah saat itu - saya tidak pernah berpikir kami akan kalah," tuturnya. 

"Masalahnya adalah bagaimana kami bereaksi terhadap kemunduran selama pertandingan," lanjut Rooney.

Baca Juga: Prediksi Inggris vs Senegal di Piala Dunia 2022: Statistik, Head to Head, dan Line-up Pemain

"Ketika kami tertinggal 2-1 setelah 18 menit, kami tidak pulih dan sekitar 30 menit tersisa kami panik, mengubah cara kami bermain, berjudi terlalu dini, dan kehilangan disiplin serta bentuk tubuh kami."

"Begitu Anda melakukannya melawan tim yang keras kepala dan sulit dikalahkan, seperti Islandia, tidak mungkin Anda akan bangkit dalam pertandingan," jelas mantan penyerang Manchester United itu. 

Rooney pun berharap, para pemain Timnas Inggris bisa belajar dari kegagalan mereka di semifinal Piala Dunia 2018 dan final Euro 2020 agar meraih hasil yang lebih baik di turnamen tahun ini. 

"Tim Inggris ini memiliki contoh mereka sendiri untuk dipelajari. Di final Euro 2020, setelah mencetak gol lebih awal melawan Italia, seolah-olah rencana permainan yang mereka mulai tidak keluar dan berakhir dengan reaktif dan defensif. Mereka melewati masa-masa sulit tetapi kemudian kebobolan," terang Rooney.



Sumber : Daily Mail


BERITA LAINNYA



Close Ads x