Kompas TV advertorial

Rekomendasi 5 Pekerjaan Online untuk Hasilkan Cuan, Cocok Bagi Korban PHK

Sabtu, 3 Desember 2022 | 12:00 WIB
rekomendasi-5-pekerjaan-online-untuk-hasilkan-cuan-cocok-bagi-korban-phk
Ilustrasi mencari kerja secara online (Sumber: Dok. Freepik)

KOMPAS.TV – Menyambut pengujung 2022, kabar kurang baik datang dari dunia startup. Dirangkum dari berbagai pemberitaan, banyak startup melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) secara massal guna melakukan efisiensi atau perampingan.

Keputusan tersebut membuat banyak karyawan terpaksa kehilangan pekerjaan. Kondisi ini tentu membuat para korban PHK kebingungan karena tidak kehilangan pemasukan untuk memenuhi kebutuhan, khususnya mereka yang sudah berkeluarga. 

Beruntung, saat ini cukup banyak pekerjaan alternatif yang bisa dilakukan, misalnya bekerja online. Tak hanya bisa dicari melalui bantuan Google, ada banyak pekerjaan online yang bisa dilakukan tanpa modal atau skill tertentu. Sederhananya, cukup dengan modal smartphone, cuan bisa dihasilkan.

Baca Juga: Tips Mengelola Keuangan Freelancer Agar Bisa Punya Dana Darurat dan Investasi

Ada beberapa pilihan kerja online hanya bermodalkan smartphone yang bisa dipertimbangkan. Berikut rekomendasinya.

1. Freelancer

Freelance atau freelancing merupakan sistem bekerja lepas tanpa terikat kontrak jangka panjang atau permanen. Tak heran, sistem kerja freelance ini umumnya menawarkan sistem kerja yang fleksibel. Mulai dari bekerja dari mana saja, bebas jam masuk dan pulang kerja, hingga lingkup pekerjaan yang diberikan.

Kelebihan lainnya, bekerja freelance juga tidak mengutamakan gelar atau lulusan universitas tertentu sebagai syarat. Cukup memiliki skill yang dibutuhkan, pekerjaan bisa dikerjakan.

Salah satu contoh pekerjaan yang banyak ditawarkan adalah desain grafis dan jasa video editor. Keduanya banyak dibutuhkan oleh perusahaan, influencer, hingga pemilik online shop. Untuk melihat lowongan freelance di atas, Anda bisa mengunjungi tautan ini.

2. Canva Content Creator

Canva merupakan website desain gambar sekaligus foto online yang banyak digunakan oleh berbagai kalangan. Apabila Anda memiliki latar belakang desain grafis, bekerja sebagai kontributor Canva Content Creator bisa jadi pilihan.

Baca Juga: Catat! Ini Cara Daftar BPJS Ketenagakerjaan untuk Freelancer dan Wirausaha

Untuk dapat bergabung menjadi kontributor, Anda hanya perlu memiliki smartphone untuk mengunggah template ke Canva. Jika file tersebut dibeli atau digunakan oleh pelanggan Canva Pro, Anda akan menerima royalti.

Untuk menjadi Canva Creator, berikut tahapannya.

  1. Kunjungi laman Kontributor Canva, klik tanda Become a Contributor
  2. Buat akun, jika belum memiliki akun, Anda bisa menggunakan akun Gmail atau Facebook.
  3. Jika sudah memiliki akun, Anda akan dialihkan ke laman Hub Kontributor. Melalui laman ini, Anda dapat mengunggah file desain yang sudah dibuat. Fitur ini juga memungkinkan Anda untuk mengunggah beberapa file sekaligus.
  4. Setelah file terunggah, isi kolom metadata yang berisi judul, nama seniman, dan kata kunci. Gunakan beberapa kata kunci yang sesuai dengan judul agar pengguna Canva dapat menemukan karya Anda.
  5. Setelah data terisi, centang tulisan "Saya adalah pemilik konten dan memiliki izin untuk semua orang properti serta merk yang ditampilkan di konten, maka konten kita akan jadi konten Pro, sehingga mendapat royalti". Setelah itu, klik tombol Kirim.

3. Membuat animasi

Pekerjaan online lain yang bisa Anda manfaatkan adalah membuat animasi. Apalagi, membuat animasi kini bisa dilakukan tanpa skill. Cukup modal smartphone dan mengunjungi website animaker.com, Anda bisa membuat video animasi tanpa perlu mengunduh software.

Selain website tersebut, Anda juga bisa mengunjungi laman www.animatron.com/studio, Wave.Video, atau Vyond.com. Meski begitu, keempat layanan tersebut tidak dihadirkan secara gratis. Anda harus merogoh biaya mulai dari 10 dolar Amerika Serikat (AS) per bulan atau sekitar Rp 150.000 per bulan.

Ilustrasi seseorang berhasil mendapatkan pekerjaan secara online (Sumber: Dok. Freepik)

4. Admin media sosial

Pekerjaan online selanjutnya adalah menjadi admin media sosial. Admin media sosial biasanya dibutuhkan oleh pemilik online shop untuk memastikan komentar dan pesan dari audiens atau calon konsumen terjawab seluruhnya.

Mengingat pekerjaan ini hanya membutuhkan kuota dan handphone, siapa pun bisa melakukan pekerjaan ini di mana pun.

Baca Juga: Gak Pake Ribet! Begini Cara Lapor SPT Pajak Penghasilan bagi Karyawan Swasta dan Freelancer

5. Jual kaus online

Jika ingin mendapat cuan lebih tinggi, Anda bisa menjajal pekerjaan jual kaus online ke luar negeri. Untuk memulai usaha ini, Anda hanya perlu memiliki desain kaus orisinal dan menjualnya sebagai desain kaus melalui laman tees.co.id.

Sebagai informasi, tees.co.id merupakan layanan print-on-demand alias menyediakan produk sesuai pesanan. Menariknya, Anda bisa mencetak kaus tanpa jumlah minimal. Setelah mengunggah file yang dimiliki, Anda tinggal menentukan harga jual kaus tersebut, lalu menunggu hingga ada konsumen yang ingin membelinya.

Selain laman tersebut, Anda juga bisa mengunjungi situs Ciptaloka dan Tokome.id. Ketiga situs ini juga menyediakan layanan serupa untuk produk tote bag, mug, masker, dan bantal. Terkait harga jual, pastikan Anda sudah mematok harga setinggi mungkin, sebab ketiga platform ini akan memotong pendapatan hasil penjualan Anda sebagai biaya layanan.


Sumber : Kompas TV

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.


BERITA LAINNYA


ROSI

Menteri Teten Ungkap Modus Bos Indosurya | ROSI

Senin, 6 Februari 2023 | 18:15 WIB
Close Ads x