Kompas TV regional berita daerah

Sungai Meluap Rendam Lahan Pertanian

Kamis, 1 Desember 2022 | 17:39 WIB
Penulis : KompasTV Madiun

JEMBER, KOMPAS.TV - Puluhan hektar lahan pertanian di Kabupaten Jember, Jawa Timur, terendam banjir dengan ketinggian 50 sentimeter. Petani dipastikan gagal panen, karena tanaman rusak dan mati.

Puluhan hektar lahan pertanian di Desa Ngampelrejo, Kecamatan Jombang, Kabupaten Jember, rusak karena terendam banjir. Banjir berasal dari luapan sungai Pladingan, anak sungai Bondoyudo, yang berhulu dari lereng gunung Argopuro.

Beragam tanaman, seperti padi, jagung, jeruk, cabai dan buah bengkoang, rusak tergenang banjir. Padahal sebagian besar tanaman memasuki masa panen. Banjir terjadi setelah kawasan hulu dan hilir sungai, diguyur hujan, hingga meluap dan memasuki lahan pertanian.

Hasil pendataan pemerintah desa, ada 80 hektar lahan pertanian yang rusak tergenang banjir, dan petani dipastikan gagal panen.

Sebagian petani buah bengkoang, panen lebih awal untuk menghindari kerugian lebih besar. Banjir dapat meluas, mengingat curah hujan diperkiraan tinggi hingga akhir tahun.

 


Sumber : Kompas TV

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.


BERITA LAINNYA


VOD

Jaksa Nilai Pengacara Ferdy Sambo Tidak Profesional

Sabtu, 28 Januari 2023 | 23:55 WIB
Close Ads x