Kompas TV regional berita daerah

Viral! Detik-Detik Kericuhan Warnai Munas HIPMI

Kompas.tv - 22 November 2022, 15:25 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SOLO, KOMPAS.TV - Telah terjadi kericuhan di luar ruang rapat Musyawarah Nasional (Munas) Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) XVII di Solo, Jawa Tengah. Kericuhan terjadi pada Senin (21/11/2022) malam, usai rapat berakhir dengan di skors.

Visual tidak kami tayangkan seutuhnya karena mengandung unsur kekerasan.

Sejumlah orang terlihat saling baku pukul, sedangkan yang lain berusaha melerai. Sebelumnya suasana sudah panas, sejak rapat berlangsung deadlock.

Sejumlah peserta berteriak, karena tidak puas dengan keputusan pimpinan sidang. Bahkan mereka merangsek kedepan dan terjadi kericuhan sebelum akhirnya bisa dikendalikan.

Namun diluar venue, terjadi lagi bahkan lebih parah karena ada adu fisik. Panitia memastikan kericuhan ini, adalah masalah pribadi dan bukan soal organisasi.

"Setelah kami investigasi data di lapangan, disimpulkan bahwa ada kesalahpahaman antara dua pribadi beserta peninjau munas. Dan itu terjadinya di ruang makan," ujar Muhammad Ali Affandi, Ketua Panitia Munas Hipmi.

Beberapa diantara peserta yang baku hantam, kemudian melaporkan kejadian ini ke Polresta Solo. Namun menurut keterangan polisi, pihak internal Hipmi akan mengupayakan menyelesaikannya secara kekeluargaan.

"Kami lakukan pemeriksaan, kami kumpulkan bukti-bukti. Dari pihak Hipmi sendiri mengupayakan jalan mediasi," ujar Kombes Pol Iwan Saktiadi, Kapolresta Solo.

Walikota Solo, Gibran Rakabuming, Selasa (22/11/2022) siang mendatangi lokasi dan mengatakan bahwa hal seperti ini, bisa diselesaikan secara kekeluargaan.

"Bisa diselesaikan secara kekeluargaan," ujar Gibran.

Munas Hipmi sendiri, saat ini masih berlangsung namun tertutup. Sebelumnya, Presiden Joko Widodo didampingi sejumlah pejabat, salah satunya menteri investasi Bahlil Lahadalia, yang juga mantan Ketua Hipmi, Senin (21/11/2022) pagi membuka Munas Hipmi di Solo, Jawa Tengah.

#kericuhan #hipmi #munas

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x