Kompas TV olahraga sapa qatar

Jelang Polandia vs Meksiko, Lewandowski: Meksiko Punya Kualitas dan Kecepatan, serta Dinamis

Kompas.tv - 22 November 2022, 15:14 WIB
jelang-polandia-vs-meksiko-lewandowski-meksiko-punya-kualitas-dan-kecepatan-serta-dinamis
Bintang Timnas Polandia, Robert Lewandowski. (Sumber: AP Photo/Rafal Oleksiewicz)
Penulis : Christandi Dimas | Editor : Purwanto

DOHA, KOMPAS.TV - Sebagai pencetak gol terbanyak sepanjang masa Timnas Polandia, Robert Lewandowski masih kehilangan sesuatu dari koleksinya: Gol di putaran final Piala Dunia.

Robert Lewandowski merupakan pemain yang terbilang sukses di level klub Eropa. Ia sejak musim panas 2022 memperkuat klub Spanyol Barcelona dan meraih sejumlah trofi gelar juara bersama klub Jerman Borrusia Dortmund dan Bayern Munchen.

Lewandowski mengoleksi 18 gol di semua kompetisi liga klub musim ini. Dan untuk Polandia, dia sudah mencetak total 76 gol dari 134 penampilan.

Sepakbola Polandia sendiri pernah bersinar di awal 1970-an. Mereka Juara Olimpade Munich 1972 dan menjadi peringkat tiga World Cup 1974 di Jerman Barat dan mengulangnya pada World Cup 1982 di Spanyol. 

Tak hanya bagi Lewandowski, pertandingan kontra Meksiko di Grup C Piala Dunia amat penting bagi kepercayaan diri timnas Polandia.

Meksiko diakuinya sebagai lawan dengan kualitas dan kecepatan permainan yang dinamis. Namun Lewandowski yakin timnas Polandia akan menunjukkan kemampuan terbaiknya untuk memenangi laga kontra Meksiko.

Baca Juga: World Cup 2022: 5 Pemain Ini Butuh Naikkan Pamor Mereka

Kini Polandia berada di peringkat ke-26 di dunia. Sejak berlaku sistem gugur pada 1986, Polandia seolah tertinggal dari hingar bingar sorotan prestasi sepak bola dunia. Mereka sama sekali tidak masuk putaran final pada era 90-an, tersisih dari putaran final grup di Jepang/Korea dan Jerman.

Polandia di akhir 2008, di mana Lewandowski mulai masuk timnas, masih terpuruk. Mereka tidak masuk World Cup 2010 atau 2014. Padahal Lewandowski pada tahun itu mengangkat juara Liga Jerman bersama Borrusia Dortmund dan Bayern Munchen.

Polandia mulai bangkit pada World Cup 2018 Rusia. Lewandowski saat itu mengangkat juara Liga Champions bersama Munchen.

Hingga saat itupun, Lewandowski belum mencetak gol di Piala Dunia. Dua gol Polandia justru dicetak rekannya di Rusia, yakni Jan Bednarek dan Grzegorz Krychowiak. Polandia waktu itu kembali hanya sampai babak penyisihan grup setelah kalah dari Senegal dan Kolombia.

Mengingat usianya yang sudah 34 tahun, tahun 2022 di Qatar menjadi kesempatan terakhir Lewandowski untuk mencetak gol di Piala Dunia yang didambakannya.

Dan bagi timnya, hasil kontra Meksiko, lawan pembuka di Grup C World Cup 2022 Qatar, bakal menentukan sejauh mana Lewandowski cs bakal melaju di Piala Dunia Qatar..

"Ini adalah pertandingan penting bagi kami. Penting bagi kami untuk menunjukkan kepercayaan diri. Kami tahu Meksiko memainkan sepak bola berkualitas tinggi, kami tahu potensi mereka," ujar Robert Lewandowski yang dikutip Associated Press (21/11/2022).

"Kami akan berjuang untuk menang dan kami akan melakukan yang terbaik..."

"Mereka [Meksiko] memiliki banyak kualitas dan kecepatan, dan dinamis. Kami harus siap untuk menghentikan mereka yang menyebabkan masalah bagi kami." 

Baca Juga: Piala Dunia 2022: Timnas Argentina dan Uruguay Bawa 1,8 Ton Daging ke Qatar, buat Apa Ya?



Sumber : Associated Press


BERITA LAINNYA



Close Ads x