Kompas TV nasional politik

Anwar Abbas: Kriteria Calon Presiden Harus Paham Konstitusi dan Pancasila

Kompas.tv - 20 November 2022, 15:48 WIB
anwar-abbas-kriteria-calon-presiden-harus-paham-konstitusi-dan-pancasila
Ketua PP Muhammadiyah, Anwar Abbas, tampak bersama dengan para petinggi PKS dalam sebuah silaturahim di Jakarta, Jumat (29/7/2022) (Sumber: Situs Resmi Muhammadiyah.or.id)
Penulis : Kiki Luqman | Editor : Purwanto

SURAKARTA, KOMPAS.TV - Anggota Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah Anwar Abbas menyebut kriteria calon Presiden Indonesia harus sehat secara jasmani dan rohani. 

Hal ini disampaikan saat dirinya menghadiri Muktamar Muhammadiyah di Solo, Jawa Tengah, Minggu (20/11/2022). 

"Kriteria dari Muhammadiyah harus sehat jasmani dan rohani, lalu harus mengerti dan paham soal Pancasila serta konstitusi," katanya kepada KOMPAS.TV, Minggu (20/11/2022).

"Selain itu harus mempunyai wawasan serta menjaga kesatuan serta persatuan Indonesia tentunya. Kebijakan harus menjaga, melindungi, mencerdaskan, mensejaterahkan rakyat dan ketertiban dunia," lanjutnya.

Baca Juga: 4 Pernyataan Haedar Nashir usai Terpilih Jadi Ketua Umum PP Muhammadiyah 2022-2027

Memasuki tahun politik menuju Pemilu 2024 ia juga berpesan, Muhammadiyah harus menjaga kedekataan kepada semua partai politik yang ada di Indonesia, menurutnya dengan menjaga silaturahmi maka bangsa ini bisa bersatu dan maju. 

"Dulu kan menjaga jarak tapi sekarang saya berpesan harus menjaga kedekatan dengan semua partai politik. Karena urusan bangsa ini tidak hanya partai dan politik, bangsa ini menyangkut semua urusan kita (masyarakat indonesia) semua," jelas dia. 

"Artinya jangan sampai ormas menjauhi partai politik dan juga sebaliknya, partai politik jangan menjauhi ormas. Seperti kata Jenderal Sudirman, 'Kalau kalian mau maju kalian harus kuat, untuk bisa kuat kalian harus bersatu, untuk bisa bersatu kalian harus menjaga silaturahmi'," lanjutnya.

Baca Juga: 4 Pernyataan Haedar Nashir usai Terpilih Jadi Ketua Umum PP Muhammadiyah 2022-2027



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x