Kompas TV nasional politik

Anies Dekati Gibran buat Dapat Restu Jokowi, Masinton: Kalau Soal Dukungan Ada Hitung-Hitungannya

Kompas.tv - 16 November 2022, 22:22 WIB
anies-dekati-gibran-buat-dapat-restu-jokowi-masinton-kalau-soal-dukungan-ada-hitung-hitungannya
Mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bersama Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka di Hotel Novotel Solo, Jawa Tengah, Selasa (15/11/2022). (Sumber: KOMPAS.com/LABIB ZAMANI)
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pertemuan bakal Capres dari Partai NasDem Anies Baswedan dengan Wali Kota Solo Gibran Rakabumi Raka dinilai untuk mendapatkan restu dari Presiden Joko Widodo atau Jokowi. 

Politisi PDI Perjuangan (PDIP) Masinton Pasaribu menilai Presiden Jokowi pastinya memiliki hitung-hitungan dalam memberikan sinyal dukungan kepada tokoh yang ingin maju sebagai kandidat di Pilpres 2024. 

Semisal saat Presiden Jokowi memberi dukungan kepada Airlangga Hartarto dan Prabowo Subianto. Keduanya merupakan pemimpin partai yang sudah mendapat dukungan dari kader masing-masing untuk maju di Pilpres 2024.

Menurutnya akan sulit jika Jokowi memberikan dukungan kepada Anies yang bukan dari partai politik.

Baca Juga: Bertemu Gibran di Solo, Anies Baswedan Bantah Bahas soal Pilpres!

"Ya kan enggak ada partainya, kalau ketemu Pak Airlangga didoain karena ketua umum partai yang kemungkinan besar partainya dukung beliau, ketemu Pak Prabowo begitu juga, seperti itu," ujar Masinton di gedung DPR, Rabu (16/11/2022).

Masinton menambahkan meski Anies telah bertemu Gibran bukan berarti adanya dukungan Jokowi kepada mantan gubernur DKI Jakarta itu.

Menurut Masinton, walaupun Anies melakukan pendekatan melalui Gibran untuk mendapatkan restu Jokowi, namun hal itu masih jauh dari yang dipikirkan.

Sebab Presiden Jokowi pastinya memiliki hitung-hitungan dalam memberikan sinyal dukungan kepada tokoh yang ingin maju sebagai kandidat di Pilpres 2024. 

Baca Juga: Anies ke Relawan Yogyakarta: Kita Bukan Rombongan Pemecah Belah

"Kalau untuk dukungan pasti hitung hitungannya panjang lah, apa lagi dukungan politik, seperti itu kan, kalau ketemu ya mereka ketemu aja, kalau kemudian itu dikapitalisasi pertemuan itu sebagai sebuah bentuk dukungan menurut saya prematur," ujar Masinton.

Sebelumnya Anies Baswedan menyempatkan diri bertemu dengan Wali Kota Solo Gibran Rakabumi Raka di tengah safari politik dan sosialisasi dirinya sebagai bakal capres dari Partai NasDem.

Dikutip dari akun Facebook resmi Anies Baswedan, mantan Gubernur DKI Jakarta itu mengunggah foto pertemuan dia dengan Wali Kota Solo Gibran Rakabuming.

Foto yang diunggah hari ini menyebutkan pertemuan itu untuk berbagi pengalaman tentang pengelolaan kota dan transportasi publik.

Baca Juga: PDIP Meradang Setelah Anies Bertemu Gibran, Demokrat: Pandangan yang Picik

"Selamat pagi dari Solo, senang sekali sarapan bersama sekaligus bersilaturahmi dengan mas Gibran Rakabuming, Walikota Solo. Kami bertemu sebelum berangkat bersama ke acara puncak Haul Habib Ali bin Muhammad Al Habsyi," tulis Anies.

"Kami berbagi pengalaman, bercerita tentang pengelolaan kota, terkait transportasi publik, dan bincang-bincang ringan lainnya. Alhamdulillah, Solo rapi, bersih dan tertib. Mudah-mudahan terus maju dan berkembang. InsyaAllah mas Gibran selalu sehat dimudahkan dalam amanah ini," sambung Anies.


 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x