Kompas TV olahraga sepak bola

Piala Dunia 2022: Legenda Timnas Prancis Sebut Ego Kylian Mbappe bisa Hancurkan Les Bleus

Senin, 14 November 2022 | 23:14 WIB
piala-dunia-2022-legenda-timnas-prancis-sebut-ego-kylian-mbappe-bisa-hancurkan-les-bleus
Selebrasi gol striker PSG, Kylian Mbappe. (Sumber: Instagram @k.mbappe)
Penulis : Gilang Romadhan | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pemain Gelandang pencetak gol ketiga Prancis ke gawang Brasil di Piala Dunia 1998 Emmanuel Petit menganggap sikap egois striker Kylian Mbappe bisa merusak suasana ruang ganti Les Bleus di Piala Dunia 2022 Qatar. 

Mbappe mencicipi manisnya gelar juara Piala Dunia 2018 di usia yang sangat muda. Meski ia tak pernah dimainkan kala itu.

Pada kejuaraan Euro 2020, Mbappe gagal membantu Prancis melangkah jauh. Bahkan, Mbappe merupakan salah satu penyebab kegagalan Prancis mengalahkan Swiss di babak adu penalti. Tendangan penalti Mbappe mampu dimentahkan kiper Swiss saat itu, Yann Sommer. 

Baca Juga: Manajer PSG: Hubungan Baik Neymar, Mbappe, dan Messi Itu Penting

Kendati demikian, tidak disangkal Mbappe sebagai satu dari pemain-pemain andalan Prancis di Piala Dunia 2022 yang bergulir 20 November sampai 18 Desember mendatang. 

Mbappe telah mencetak 28 gol dan 17 assist per 59 penampilannya bersama timnas senior Prancis. Sepuluh gol dicetak di ajang Piala Dunia.

Ia menyumbang dua gol untuk turut mengantarkan Prancis sebagai juara Euro Nation League 2022/2023.

Dalam perjalanan timnas Prancis ke Qatar, Mbappe menyumbang lima gol dan dua assist dari enam laga kualifikasi. 

Torehan gol yang ia buat lebih baik daripada kala Prancis menuju ke Rusia. Saat itu ia hanya mencetak satu gol dalam enam penampilannya. Di putaran final Piala Dunia 2018, ia mencetak 4 gol dari tujuh kali tampil.

Emmanuel Petit merasa pemain 23 tahun itu bisa menjadi sosok penghacur Timnas Prancis di Qatar. 

"Dia memiliki ego besar, itu tidak masalah, Anda membutuhkan ego besar di lapangan untuk memenangkan turnamen," kata Petit dikutip dari Goal International. 

"Tetapi, hal tersebut harus diintervensi dengan keseimbangan tim di dalam ruang ganti."

Baca Juga: Piala Dunia 2022: Tanpa Pogba dan Kante, Deschamps Tak Yakin Prancis Mampu Pertahankan Gelar

"Jika Anda seorang pemain di ruang ganti dan Anda punya perasaan bahwa seorang pemain membuat terlalu banyak masalah, karena selalu mengatakan 'saya, saya, saya', itu bakal membuat masalah." 

"Anda bisa menemukan keseimbang antara ambisinya dan ambisi dari tim itu sendiri," tandas pemain yang ikut memenangkan Prancis pada Piala Dunia 1998 itu. 

Timnas Prancis tergabung di Grup D Piala Dunia 2022 bersama Denmark, Australia, serta Tunisia. Les Bleus difavoritkan lolos sebagai juara grup. 

Prancis akan menghadapi Australia dalam laga perdana mereka di Piala Dunia 2022, Rabu (23/11/2022) pukul 02.00 WIB di Stadion Al Wakrah Sports Club. 


Sumber : Kompas TV/Goal International

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.


BERITA LAINNYA


Berita Daerah

53.000 Kendaraan Terdaftar di Mypertamina

Jumat, 20 Januari 2023 | 16:59 WIB
Close Ads x