Kompas TV nasional hukum

Pengacara Ricky Rizal Protes Pemeriksaan 10 Saksi Digabung di Sidang Pembunuhan Brigadir J, Ada Apa?

Kompas.tv - 9 November 2022, 14:49 WIB
pengacara-ricky-rizal-protes-pemeriksaan-10-saksi-digabung-di-sidang-pembunuhan-brigadir-j-ada-apa
Pengacara terdakwa Ricky Rizal, Erman Umar, mengungkapkan alasan dirinya protes kepada majelis hakim yang akan memeriksa sepuluh saksi sekaligus, Rabu (9/11/2022) di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan. (Sumber: Tangkapan layar KOMPAS TV/Nadia)
Penulis : Nadia Intan Fajarlie | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Erman Umar, pengacara atau penasihat hukum terdakwa Ricky Rizal, mengungkapkan alasan pihaknya protes kepada majelis hakim saat akan memeriksa sepuluh saksi sekaligus dalam sidang lanjutan perkara pembunuhan Brigadir J atau Nofriansyah Yosua Hutabarat dengan terdakwa Ricky Rizal dan Kuat Ma'ruf pada Rabu (9/11/2022). 

"Karena saksi ini baru, ya kami harus dengar. Oleh karena itu kami pengen benar-benar konsentrasi. Kalau tidak, nanti terganggu," kata Erman kepada wartawan di Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Selatan usai pelaksanaan sidang seperti dipantau dari siaran Breaking News KOMPAS TV.

Ia menerangkan, sidang pemeriksaan saksi kali ini berbeda dengan sidang gabungan antara kliennya dengan terdakwa Richard Eliezer (Bharada E) maupun Kuat Ma'ruf pada Senin (7/11) lalu.

Ia mengaku tidak protes pada sidang gabungan sebelumnya karena tak ada saksi yang memberatkan terdakwa Ricky. Selain itu, ungkap Erman, pengacara dari terdakwa lain juga tidak keberatan.

Baca Juga: Pemeriksaan Saksi Ajudan dan ART Sambo Dipisah di Sidang Ricky-Kuat karena Penasihat Hukum Keberatan

"Saya melihat, persidangan yang lalu, untuk Ricky Rizal saya merasa tidak ada yang memberatkan, hanya PCR saja yang itu pun gampang diklarifikasi," ucapnya.

"Kalau sekarang, semua ajudan, apalagi yang mengetahui, kayak Romer kejadian pembunuhan, kayak Daden mengetahui juga yang di magelang," imbuhnya.


Erman menyebut, pihaknya perlu konsentrasi karena saksi-saksi ini baru dihadirkan dalam persidangan kliennya, walaupun sebelumnya sudah bersaksi dalam sidang terdakwa Ferdy Sambo dan Putri Candrawathi.

"Kalau hakim mau cepat-cepat saja. Kami nggak tahu, kan dia (saksi) diperiksa dalam sidang FS dan istrinya," ucapnya.

"Mana tahu kami dengar? Kami juga ada urusan yang lain, nggak pernah kami nguping, nggak pernah saya kirim tim," tegasnya.

Baca Juga: Penasihat Hukum Ricky Rizal Keberatan 10 Saksi Diperiksa Sekaligus, Hakim: Apa yang Saudara Cari?



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x