Kompas TV tekno gadget

Mulai Rp1 Jutaan, Ini Rekomendasi TV untuk Nonton Siaran Digital tanpa STB

Kompas.tv - 7 November 2022, 21:00 WIB
mulai-rp1-jutaan-ini-rekomendasi-tv-untuk-nonton-siaran-digital-tanpa-stb
Ilustrasi televisi digital. (Sumber: Pixabay)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pemerintah telah memulai peralihan siaran televisi (TV) analog menjadi siaran TV digital dengan memberlakukan Analog Switch Off (ASO), Rabu (2/11/2022) kemarin.

Sebanyak 222 daerah dari total 514 daerah di Indonesia tercatat sudah menonaktifkan siaran TV analognya.

Bagi masyarakat yang masih menggunakan TV analog membutuhkan perangkat tambahan berupa set top box atau STB untuk menikmati siaran TV digital.

Baca Juga: Ini Kelebihan TV Digital: Gambar Bagus, Suara Jernih, Hingga Isi Tayangan Lebih Berkualitas

Sementara masyarakat yang sudah memiliki TV digital, cukup memasang mencari siaran TV melalui antena yang terpasang atau dengan tambahan booster.

Momen ASO ini juga bisa dijadikan alasan bagi masyarakat untuk mengubah TV analognya menjadi TV digital. Berikut beberapa merek dan spesifikasi TV digital yang dijual mulai dari Rp1 jutaan.

Daftar TV Digital Harga Rp1 jutaan

Seperti disarikan dari Kompas.com, Senin (7/11) terdapat lima merek yang menjual TV digital dengan rentang harga dimulai dari Rp1 jutaan.

Meski sebagian besar TV belum memiliki resolusi layar 1080i atau Full HD, dengan layar yang ditampilkan sudah cukup untuk menonton siaran TV digital.

Baca Juga: Mulai Rp100 Ribuan, Ini Rekomendasi Set Top Box Bersertifikat Kominfo untuk Siaran TV Digital

Fitur lain yang ditawarkan TV digital adalah kemampuannya yang bisa membaca perangkat penyimpanan seperti USB atau hard drive eksternal.

1. Coocaa 32S3U

Coocaa 32S3U merupakan Smart TV digital yang memiliki spesifikasi layar 32 inci. Smart TV ini beresolusi 1366 x 768 piksel, dan mendukung fitur audio, DTS TruSurround Engine dari Dolby.

Untuk konektivitas, Coocaa 32S3U memiliki WiFi serta DVB T2 untuk menangkap sinyal siaran digital.

Dilansir dari toko resmi Coocaa di beberapa marketplace per Senin (7/11/2022), harga Coocaa 32S3U berkisar antara Rp1.499.000 sampai Rp2.999.000.

2. Polytron PLD 24TV1855

Polytron PLD 24TV1855 memiliki dimensi layar 24 inci yang memiliki fitur USB Play Movie. Fitur ini memungkinkan pengguna memutar beragam film, gambar, atau lagu langsung dari USB.



Sumber : Kompas.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x