Kompas TV nasional rumah pemilu

PPP Akui Memonitor Ganjar untuk Diusung Jadi Capres di Pilpres 2024

Kompas.tv - 3 November 2022, 14:32 WIB
ppp-akui-memonitor-ganjar-untuk-diusung-jadi-capres-di-pilpres-2024
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mencukur habis rambut putihnya hingga gundul, untuk mendukung gerakan donasi bagi anak-anak penyintas kanker. (Sumber: Pemprov Jateng)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS TV - Nama Gubernur Jawa Tengah (Jateng), Ganjar Pranowo, disebut-sebut di internal Koalisi Indonesia Bersatu (KIB), dan berpotensi diusung sebagai bakal capres.

Menanggapi hal itu, Ketua DPP PPP Achmad Baidowi mengatakan, pihaknya memonitor politikus PDIP itu untuk diusung menjadi capres di pesta demokrasi nanti. 

Baca Juga: Pengamat Nilai Jokowi Lebih Condong ke Ganjar daripada Prabowo, kalau Kepepet Dukung Anies

"Memang Ganjar termasuk salah satu nama potensial yang terus dimonitor perkembangannya," kata pria yang karib disapa Awiek itu kepada wartawan, Kamis (3/11/2022). 


 

Ia menjelaskan, KIB pun hingga saat ini belum membicarakan dengan PDIP untuk mengusung Ganjar.

"Soal merapat atau tidak merapat belum ada kesepakatan. Mekanisme masing-masing partai mengajukan untuk dimusyawarahkan," ujarnya. 

Awiek menyebut, KIB tak ingin terburu-buru untuk memutuskan seseorang diusung menjadi capres di Pilpres 2024 mendatang. 

"Meski demikian kami belum putuskan siapapun namanya. Masih banyak waktu, jadi ojo kesusu," katanya. 

Sebelumnya, Ketua DPP Partai Amanat Nasional (PAN), Bima Arya, menjawab pertanyaan wartawan tentang kemungkinan KIB usung Ganjar jika tidak diusung oleh Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP).

“Nama Mas Ganjar disebut di internal KIB, kalau enggak Ganjar, enggak berangkat dari sana, akan sangat besar di KIB,” tuturnya seperti dilaporkan jurnalis Kompas TV, Dipo Nurbahagia, Sabtu (29/10/2022).

Mengenai potensi pengusungan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, sebagai calon wakil presiden, Bima Arya menyebut Ridwan Kamil merupakan fenomena unik.

“Kang Emil unik, fenomenal, sejak wali kota, gubernur tidak berpartai," katanya. 

Baca Juga: Soal Usulan Anies dan Ganjar Dijadikan Peserta Pilpres 2024, Waketum PPP: Keputusannya di Mukernas

Bima Arya juga menyebut bahwa kedua nama tersebut, yaitu Ganjar Pranowo dan Ridwan Kamil masuk dalam sembilan nama dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas) PAN. 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x