Kompas TV nasional rumah pemilu

Pengamat Nilai Jokowi Lebih Condong ke Ganjar daripada Prabowo, kalau Kepepet Dukung Anies

Kompas.tv - 3 November 2022, 13:58 WIB
pengamat-nilai-jokowi-lebih-condong-ke-ganjar-daripada-prabowo-kalau-kepepet-dukung-anies
Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan arahan kepada jajaran pemerintahannya pada Rapat Penanganan Gagal Ginjal Akut di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Senin (24/10/2022). (Sumber: Tangkapan layar Youtube Sekretariat Presiden)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS TV - Analis politik Voxpol Center Research and Consulting Pangi Syarwi Chaniago menilai Presiden Joko Widodo atau Jokowi akan lebih mendukung Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo daripada mendorong langkah Menhan Prabowo Subianto maju sebagai capres di Pilpres 2024.

"Saya melihat Pak Jokowi mungkin pada akhirnya nanti mendorong Ganjar, dan kalau sudah the power kepepet bukan tidak mungkin Pak Anies, kalau elektabilitas kemenangan dan kehendak grassroot Anies enggak kebendung lagi," kata Pangi kepada Kompas TV, Kamis (3/11/2022).

Baca Juga: Sekjen Gerindra Anggap Dukungan Presiden Jokowi pada Menhan Prabowo Sangat Berarti Buat 2024

Menurut dia, sampa hari ini ekspektasi dan kepercayaan rakyat ke Presiden Jokowi masih sangat tinggi, sehingga dukungan Jokowi bisa berpengaruh terhadap perolehan suara capres yang ia putuskan nanti.


 

Meski begitu, kata Pangi, idealnya presiden itu tidak ikut mendukung pada pilpres 2024, sehingga pesta demokrasi nanti berjalan secara jujur, bersih dan adil.

"Agar pilpres kita berkualitas, benar-benar lapangan datar yang eggak ada potensi abuse of power atau intervensi kekuasaan dan penyelenggara pemilu, demi kualitas pemilu kita yang baik, bertarung secara fair tanpa ada bekingan kekuasaan," ujarnya. 

Ia menyebut, bermain netral dalam pilpres itu pernah dicontohkan oleh Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono atau SBY pada Pilpres 2014 lalu.

"Kalau jujur saya lebih hormat ke Pak SBY yang lebih memilih memainkan politik netral memberikan kesempatan yang sama dan porsi dukungan yang sama terhadap masing masing capres-cawapres," katanya.

Sebelumnya, Presiden Jokowi mengungkapkan sejak awal telah memberi dukungan kepada Menteri Pertahanan yang juga Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto. 

Hal ini disampaikan Jokowi saat menanggapi pertanyaan awak media soal Prabowo yang memberikan sejumlah pujian kepadanya terkait penanganan pandemi Covid-19, serta pertanyaan soal restu bagi Prabowo untuk maju sebagai capres di Pilpres 2024.

Baca Juga: Kata Jokowi soal Menteri Mau Nyapres di 2024: Tugas Menteri Harus Diutamakan..

"Sudah sejak awal, kok restu-restu? Sejak awal saya menyampaikan mendukung beliau (Prabowo)," kata Jokowi di Indodefence Expo di Jakarta, Rabu (2/11/2022).




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x