Kompas TV internasional kompas dunia

Tak Hanya Tragedi Itaewon dan Kanjuruhan, Ini 5 Insiden Massal Terburuk dalam 10 Tahun Terakhir

Kompas.tv - 30 Oktober 2022, 17:55 WIB
tak-hanya-tragedi-itaewon-dan-kanjuruhan-ini-5-insiden-massal-terburuk-dalam-10-tahun-terakhir
Ilustrasi. Kerumunan massa yang berdesakan dan menyebabkan banyak korban jiwa berjatuhan terjadi di sejumlah negara di seluruh dunia dalam satu dekade terakhir. (Sumber: Associated Press)
Penulis : Nadia Intan Fajarlie | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Oktober 2022 mungkin akan dikenang sebagai bulan suram bagi Indonesia dan Korea Selatan lantaran terjadi insiden yang merenggut lebih dari seratus nyawa sekaligus dalam semalam.

Akhir Oktober 2022, tepatnya pada Sabtu (29/10/2022) malam, lebih dari 150 orang meninggal dunia dalam insiden berdesakan yang terjadi dalam perayaan Halloween di Itaewon, Seoul, Korea Selatan. 

Di Indonesia, pada Sabtu malam, 1 Oktober 2022, ratusan nyawa melayang dalam tragedi yang berawal dari kericuhan seusai laga sepak bola di Stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur.

Berikut 5 insiden massa mematikan yang terjadi dalam satu dekade terakhir termasuk Tragedi Kanjuruhan dan Tragedi Itaewon, dilansir dari berbagai sumber:

1. Tragedi Mina, Arab Saudi 2015

Ritual ibadah haji yaitu melempar jumrah di kota Mina, dekat Mekah, Arab Saudi pada 24 September 2015 menjadi peristiwa kerumunan massa paling mematikan dalam sepuluh tahun terakhir.

Dilansir BBC, lebih dari 700 orang meninggal dunia karena berdesakan di sekitar area lempar jumrah.

Mereka terimpit dan terinjak-injak saat ribuan manusia bergerak dari dan ke jembatan Jamarat, lokasi pelemparan batu yang menjadi simbol perlawanan terhadap iblis itu.

Penyebab kerumunan mematikan itu pun menjadi kontroversi antara pemerintah Arab Saudi dan Iran.

Pemerintah Iran menyalahkan pengaturan arus jemaah yang dilakukan oleh pemerintah Arab Saudi karena adanya rombongan Pangeran Salman yang berhaji, sehingga banyak jemaah yang bingung dan berdesak-desakan.

Di sisi lain, petugas Arab Saudi mengatakan insiden massal itu terjadi karena adanya ratusan jemaah Iran yang melanggar peraturan dengan mengubah rute dan melawan arus, sehingga menyebabkan dua arus jemaah bertemu di tengah jalan dan saling berdesakan.

Baca Juga: Pemerintah Korsel: Peningkatan Kerumunan di Itaewon Tak Begitu Besar, Banyak Cerita di Balik Tragedi

2. Tragedi Itaewon, Korea Selatan 2022

Ratusan muda-mudi berkumpul di daerah Itaewon, Seoul, Korea Selatan (Korsel) untuk merayakan Halloween pertama kalinya setelah pandemi Covid-19.

Pada Sabtu (29/10/2022) sekitar pukul 22.15 hingga 22.22 waktu Korsel, Stasiun Pemadam Kebakaran Yongsan mendapat laporan darurat dari setidaknya 81 orang yang mengatakan kesulitan bernapas.

Lebih dari 142 mobil ambulans dikerahkan untuk menangani situasi darurat di gang sempit, di sebelah landmark Hotel Hamilton.

Karena kekurangan ruang dan personel untuk menangani lonjakan massa, orang-orang yang lewat pun turut diminta memberikan napas buatan dengan cardiopulmonary resuscitation (CPR) kepada para korban di jalan-jalan Itaewon.

Lebih dari 150 orang dilaporkan meninggal dunia akibat insiden berdesak-desakan itu. Rata-rata korban meninggal dunia berusia 20-an tahun.

Baca Juga: Halloween Maut di Itaewon: Jumlah Korban Bertambah Jadi 153 Tewas, Termasuk 22 WNA

3. Tragedi Kanjuruhan, Indonesia 2022



Sumber : Kompas TV/berbagai sumber


BERITA LAINNYA



Close Ads x