Kompas TV internasional kompas dunia

Halloween Maut di Itaewon: Jumlah Korban Bertambah Jadi 153 Tewas, Termasuk 22 WNA

Kompas.tv - 30 Oktober 2022, 15:55 WIB
halloween-maut-di-itaewon-jumlah-korban-bertambah-jadi-153-tewas-termasuk-22-wna
Petugas membawa korban insiden kerumunan berdesakan dalam pesta Halloween di kawasan Itaewon, Seoul, Korea Selatan, Minggu (30/10/2022) dini hari waktu setempat. Per Minggu (30/10) pukul 15.02 WIB, korban tewas telah mencapai 153 orang, 22 di antaranya WNA. (Sumber: Lee Jin-man/Associated Press)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Edy A. Putra

SEOUL, KOMPAS.TV - Otoritas Korea Selatan memperbarui informasi korban tewas akibat insiden kerumunan berdesakan dalam pesta Halloween di kawasan Itaewon, Seoul, Korea Selatan, Sabtu (29/10/2022) malam. Melansir Yonhap, per Minggu (30/10) pukul 15.02 WIB, korban tewas mencapai 153 orang.

Sebanyak 22 korban tewas di Itaewon merupakan warga negara asing (WNA). Sebelumnya, dilaporkan bahwa terdapat 151 korban tewas, 19 di antaranya WNA, akibat insiden bersesakan di Itaewon.

Sementara itu, Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Seoul, Korea Selatan melaporkan dua warga negara Indonesia (WNI) menjadi korban luka. Mereka mengalami luka ringan dan telah dipulangkan dari rumah sakit dalam keadaan baik.

Baca Juga: Halloween Maut bagi 151 Orang di Itaewon: Korban Kritis 24 Orang


Sebelumnya, dikhawatirkan korban jiwa akibat tragedi di Itaewon bisa bertambah mengingat banyaknya korban kritis.

Pihak berwenang mencatat lebih dari 100 orang masih mendapatkan perawatan, dan lebih dari 20 di antaranya dalam kondisi kritis.

Insiden di Itaewon terjadi usai sekitar 100.000 orang memadati gang sempit di kawasan hiburan malam Itaewon selama perayaan Halloween.

Lonjakan gelombang massa membuat orang-orang bersesakan hingga tewas.

Presiden Korea Selatan Yoon Suk-yeol sendiri telah menetapkan masa berkabung nasional akibat insiden di Itaewon. Bendera setengah tiang dikibarkan di kantor-kantor pemerintahan Korea Selatan.

"(Pemerintah) akan melakukan penyelidikan menyeluruh terhadap penyebab kecelakaan untuk mencegah terulangnya kecelakaan serupa dan membuat perbaikan mendasar," ucap Presiden Yoon dikutip KBS World.

Baca Juga: Selebgram Jovi Adhiguna Nyaris Datangi Pesta Halloween di Itaewon, Batal karena Sulit Cari Restoran



Sumber : Kompas TV/Yonhap


BERITA LAINNYA



Close Ads x