Kompas TV internasional kompas dunia

Insiden Halloween Maut di Itaewon: Setidaknya 120 Tewas, CPR Massal di Lokasi Kejadian

Kompas.tv - 30 Oktober 2022, 01:54 WIB
insiden-halloween-maut-di-itaewon-setidaknya-120-tewas-cpr-massal-di-lokasi-kejadian
Petugas mengevakuasi korban insiden saling tumbuk kerumunan dalam sebuah pesta Halloween di Itaewon, Seoul, Korea Selatan, Sabtu (29/10/2022). (Sumber: Lee Jin-eun/Yonhap via AP)

SEOUL, KOMPAS.TV - Otoritas Korea Selatan melaporkan setidaknya 120 orang tewas akibat insiden kerumunan yang berdesakan di kawasan Itaewon, Seoul, Korea Selatan, Sabtu (29/10/2022) malam waktu setempat. Korban adalah peserta sebuah pesta Halloween yang terjebak di gang kecil.

Hingga berita ini diturunkan, selain 120 korban jiwa, lebih dari 100 orang mengalami luka-luka. Choi Seong-beom, kepala departemen pemadam kebakaran Yongsan menyebut jumlah korban jiwa dapat bertambah. 

Choi menyebut sebagian korban luka saat ini dalam kondisi kritis.

Baca Juga: Kerusuhan Pesta Halloween di Korsel Berujung Maut: Peserta Terinjak hingga Tewas, 50 Henti Jantung

Associated Press melaporkan, sebanyak 74 korban tewas telah dikirim ke rumah sakit. Sedangkan 46 jenazah masih dikumpulkan ke sebuah gym di lokasi kejadian untuk keperluan identifikasi.

Video pasca-insiden menunjukkan korban bergeletakan di pinggir gang kecil di Itaewon. Puluhan korban dilaporkan mengalami henti jantung dan mesti diberi resusitasi jantung dan paru (CPR).

Melansir Associated Press, media-media Korsel melaporkan bahwa saling-injak mulai terjadi usai peserta pesta Halloween mendengar seorang selebritas akan hadir di sebuah bar pinggir gang. Identitas selebritas tersebut belum diketahui.

Presiden Korsel Yoon Suk-yeol telah menanggapi insiden ini dengan memerintahkan pihak terkait memberi asistensi medis segera dan meninjau pengamanan pesta tersebut.

Baca Juga: Pakar Minta AS Akui Korea Utara Negara Nuklir, Sebut Bisa Diperlakukan Seperti Israel




Sumber : Associated Press


BERITA LAINNYA



Close Ads x