Kompas TV nasional rumah pemilu

Jadi Cawapres Terkuat Versi Survei Litbang Kompas, Ridwan Kamil Buka Suara: Saya Fokus Kerja

Kompas.tv - 26 Oktober 2022, 14:07 WIB
jadi-cawapres-terkuat-versi-survei-litbang-kompas-ridwan-kamil-buka-suara-saya-fokus-kerja
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil bicara soal potensi Cawapres berdsaarkan hasil Litbang Kompas. Pada rilis itu disebutkan bahwa RK menjadi kandidat cawapres terkuat. (Sumber: Dok. Humas Pemda Jabar)
Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, buka suara soal hasil survei Litbang Kompas Oktober 2022 yang dirilis pada hari ini, Rabu (26/10/2022). Pada survei itu menempatkan Ridwan Kamil sebagai calok wakil presiden (cawapres) terkuat elektablitasinya.

RK, sapaan Ridwan Kamil, lantas mengatakan, hasil survei itu bisa jadi bahan evaluasi kinerja. Sebab, menurutnya, peningkatan kinerja akan mengiringi kenaikan elektoral.

"Saya mengapresiasi hasil survei Litbang Kompas. Selain mencerminkan dinamika masyarakat, bagi saya juga sebagai bahan evaluasi kinerja," kata Emil di Bandung, Rabu (26/10/2022).

"Bagi saya fokus bekerja sebagai gubernur dan menyelesaikan berbagai masalah di daerah untuk kesejahteraan masyarakat," sambungnya. 

Baca Juga: Ridwan Kamil Jadi Cawapres Terkuat, Disebut Potensial Berduet dengan Ganjar Pranowo

Selain penilaian masyarakat, RK juga bilang ingin menuntaskan kewajibannya sebagai pemimpin di Jawa Barat.

Hal in disebut Ridwan Kamil juga jadi modal tambah untuk dipertimbangkan oleh partai politik. Apalagi saat ini ia masih belum memutuskan untuk menjadi kader partai

"Bagi saya fokus bekerja saja sebagai gubernur mengerjakan tugas sebaik-baiknya dan menyelesaikan berbagai masalah di daerah untuk kesejahteraan masyarakat. Soal elektoral akan mengiringi, dan parpol tentu akan menilai dan bisa melihat dari rekam jejak yang ada," papar mantan Walikota Bandung itu.


 

Ia pun memastikan akan segera mengumumkan langkah politiknya untuk bergabung dengan salah satu partai. Namun, ia masih merahasiakan partai mana yang dituju.

"Saya memang mempertimbangkan masuk parpol untuk bisa melakukan hal-hal yang lebih luas dalam membangun masa depan bangsa. Dalam politik semua bisa terjadi, termasuk peluang untuk diusung oleh parpol atau sebaliknya. Bagi saya tidak ada masalah. Parpol yang menentukan calon yang akan diusungnya," jelasnya.

Baca Juga: Survei Litbang Kompas: Melejit, Ridwan Kamil Cawapres Terkuat di Pilpres 2024

Sebelumnya seperti diberitakan, Hasil Survei Litbang Kompas untuk periode Oktober 2022 menunjukkan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil sebagai tokoh yang paling diminati publik sebagai cawapres dalam gelaran Pilpres 2024. 

Dilansir dari Kompas.id, Rabu (26/10), orang nomor satu di Tanah Pasundan itu memiliki tingkat keterpilihan 11,5 persen sebagai tokoh yang dinilai paling layak menjadi cawapres. 

Selain itu, dalam analisisnya, Litbang Kompas menjelaskanRidwan Kamil, disebut berpotensial jadi pendamping Ganjar Pranowo untuk maju di Pilpres 2024. 

Munculnya nama Gubernur Jawa Barat tersebut juga disebut jadi alternatif baru soal cawapres. 



Sumber : Kompas TV/kompas.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x