Kompas TV nasional rumah pemilu

Ridwan Kamil Jadi Cawapres Terkuat, Disebut Potensial Berduet dengan Ganjar Pranowo

Kompas.tv - 26 Oktober 2022, 10:59 WIB
ridwan-kamil-jadi-cawapres-terkuat-disebut-potensial-berduet-dengan-ganjar-pranowo
Gubernur Jawa Barat M Ridwan Kamil Jadi Cawapres Terkuat versi Litbang Kompas, lantas berduet dengan siapa? (Sumber: ANTARA/HO-Humas Pemda Jabar)
Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Sempat stagnan dengan hanya menyentuh 5 persen, kini Ridwan Kamil jadi cawapres untuk pemilu 2024 terkuat berdasarkan Hasil Litbang Kompas Oktober 2022 yang dirilis pada hari ini, Rabu (26/10/2022). 

Lantas, apakah Ridwan Kamil lebih pas disandingkan sebagai cawapres Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto atau Anies Baswedan? 

Dalam analisisnya, Litbang Kompas menjelaskan soal kemungkina sosok yang ia dampingi kelak. RK, sapaan Ridwan Kamil, disebut berpotensial jadi pendamping Ganjar Pranowo untuk maju di Pilpres 2024. 

Dilansir kompas.id, secara tren, setidaknya jika dilihat dalam tiga periode waktu survei selama tahun 2022 ini, komposisi elektabilitas di panggung cawapres memang terbaca fluktuatif.

Munculnya nama Gubernur Jawa Barat tersebut juga disebut jadi alternatif baru soal cawapres. 


 

"Melejitnya nama Ridwan Kamil dalam survei terakhir membuktikan bahwa proses politik yang berjalan masih akan sangat dinamis dengan banyak kemungkinan dan peluang alternatif," tulis Litbang Kompas, Rabu (26/10/2022). 

Selain Ridwan Kamil, ada nama Sandiaga Uno dan  AHY, sebagai tokoh yang juga muncul dalam peringkat papan menengah capres potensial pilihan publik.

"Sampai saat ini pun terbilang konsisten meraih keterpilihan yang memuaskan dalam panggung cawapres," tulis laporan itu. 

Adanya peningkatan signifikan pada keterpilihan Ridwan Kamil dua kali lipat elektabilitas sebelumya hingga menyentuh 11,5 persen tentu semakin meneguhkan posisinya sebagai sosok cawapres potensial.

Sebelumnya, capaian elektabilitas sebagai cawapres sosok gubernur yang akrab dengan sapaan Kang Emil stagnan di angka 5 persen.



Sumber : Kompas TV/kompas.id


BERITA LAINNYA



Close Ads x