Kompas TV internasional kompas dunia

Viral! Sambut Era Sunak dengan Ucapan 'InsyaAllah', Politikus Ini Dituduh Tak Paham Beda Hindu-Islam

Kompas.tv - 26 Oktober 2022, 00:05 WIB
viral-sambut-era-sunak-dengan-ucapan-insyaallah-politikus-ini-dituduh-tak-paham-beda-hindu-islam
Ilustrasi. Seorang guru seni di Mumbai, India, melukis potret Rishi Sunak sebagai ungkapan selamat atas dilantiknya Sunak sebagai perdana menteri baru Inggris Raya, Selasa (25/10/2022). Sunak merupakan keturunan India dan India sendiri merupakan bekas koloni Inggris Raya. (Sumber: Rajanish Kakade/Associated Press)

LONDON, KOMPAS.TV - Ontran-ontran politik Inggris Raya belakangan ini menyisakan sejumlah cerita sampingan yang viral di masyarakat. Salah satunya adalah seorang anggota parlemen Partai Konservatif yang tiba-tiba mengucapkan "insyaallah" ketika berkomentar menyambut kepemimpinan perdana menteri yang baru, Rishi Sunak.

Komentar dari Bob Seely, anggota parlemen Konservatif di daerah Isle of Wight ini viral di media sosial Inggris Raya sekaligus menimbulkan kebingungan.

Banyak kalangan mempertanyakan kenapa ia berucap seperti orang Islam, padahal sosok politikus yang didukungnya beragama Hindu.

Tidak sedikit warganet yang menuduh Seely tidak tahu Sunak beragama Hindu atau tidak bisa membedakan agama Hindu dan Islam.

Komentar itu diucapkan Seely ketika diwawancara Sky News pada Senin (24/10/2022) lalu, hari ketika Sunak dipastikan menjadi pemimpin Partai Konservatif sekaligus tinggal menunggu dilantik Raja Charles III sebagai perdana menteri.

Baca Juga: Dilantik Raja Charles III, Mantan Menkeu Rishi Sunak Resmi Jadi Perdana Menteri Inggris Raya

Melansir My London, ketika ditanya masa depan kepemimpinan Konservatif di Inggris Raya seiring terpilihnya Sunak, Seely bilang begini: "Kita harus berdiri bersama-sama, kita harus bersatu, dan, Anda tahu, kami akan melakukannya," kata Seely.

Lalu, Seely menangkupkan kedua tangan seolah mendoa serupa umat Hindu, tetapi dia bilang begini: "Jadi, nanti saat musim semi, saat musim panas, semua yang terjadi beberapa pekan belakangan, beberapa bulan belakangan, saya kira -Anda tahu, insyaallah- akan menjadi suatu mimpi yang ditinggal jauh."

Ucapan "insyaallah" yang kurang lebih berarti "jika Allah mengizinkan" sendiri semakin ramai diucapkan figur-figur non-Muslim di Eropa belakangan ini. Pesepak bola Erling Haaland adalah salah satu figur terkenal yang kedapatan sering mengucapkannya.

Akan tetapi, dalam konteks ucapan Seely, berbagai pihak mempertanyakan apakah ia memang berniat mengucapkan "insyaallah" atau sebatas tak menyadari Sunak beragama Hindu atau bahwa Hindu dan Islam adalah dua agama berbeda.

"Anggota parlemen Tory (Konservatif) secara acak berucap insyaallah itu terdengar liar," cuit reporter politik ITV, Shebab Khan menanggapi ucapan Seely.

Walaupun dituduh sebagian kalangan sebatas tak paham perbedaan Hindu dan Islam, Seely sebenarnya memiliki latar belakang yang cukup solid untuk mengetahui serba-serbi agama Islam. Ketika masih menjadi personel militer, ia pernah bertugas di Irak, Afghanistan, Libya, serta operasi penumpasan ISIS.

Apa yang ada di benak Seely ketika mengucapkan "insyaallah" pun belum terkonfirmasi secara jelas. Pasalnya, ketika menanggapi potongan wawancaranya yang viral, Seely sebatas menulis emoji jempol di Twitter.

Baca Juga: Kiprah Rishi Sunak yang Kini Jadi PM Inggris, Pernah Bikin Kebijakan Beban Pajak Terbesar



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x