Kompas TV internasional kompas dunia

Dilantik Raja Charles III, Mantan Menkeu Rishi Sunak Resmi Jadi Perdana Menteri Inggris Raya

Kompas.tv - 25 Oktober 2022, 19:06 WIB
dilantik-raja-charles-iii-mantan-menkeu-rishi-sunak-resmi-jadi-perdana-menteri-inggris-raya
Raja Charles III menyambut Rishi Sunak dalam audiensi di Istana Buckingham, London, Selasa (25/10/2022). Setelah audiensi ini, Rishi Sunak resmi menjadi Perdana Menteri Inggris Raya. (Sumber: Aaron Chown/Pool PA via AP)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Vyara Lestari

LONDON, KOMPAS.TV - Rishi Sunak resmi menjadi Perdana Menteri (PM) Inggris Raya usai dilantik Raja Charles III di Istana Buckingham, London, Selasa (25/10/2022) petang waktu Indonesia. Hari ini, sang raja menerima pengunduran diri Liz Truss sekaligus meresmikan jabatan Rishi Sunak, Perdana Menteri Inggris Raya ketiga tahun ini.

Usai dilantik, pria keturunan India ini pun langsung mengemban tugas berat untuk menghadapi krisis ekonomi yang membuat kondisi finansial Inggris Raya rawan dan jutaan rakyatnya terbelit naiknya harga-harga kebutuhan pokok.

Baca Juga: Kiprah Rishi Sunak yang Kini Jadi PM Inggris, Pernah Bikin Kebijakan Beban Pajak Terbesar

Politikus 42 tahun itu diyakini akan segera membentuk kabinet untuk mempercepat tindakan di ambang resesi. Sunak sendiri mengakui kesalahan yang dilakukan pendahulunya, dan berjanji menaruh "keyakinan dan stabilitas ekonomi" di jantung agenda pemerintahannya.

"Pemerintahan yang saya pimpin tidak akan meninggalkan generasi selanjutnya, anak dan cucu Anda, dengan utang menggunung yang membuat kita terlalu lemah untuk membayarnya. Saya akan mempersatukan negara kita, tidak dengan kata-kata, melainkan dengan tindakan," kata Sunak usai ditunjuk menjadi PM sebagaimana dikutip The Guardian.

Sementara itu, Liz Truss yang mesti meninggalkan jabatan PM usai 44 hari menjabat, mengharapkan kesuksesan untuk pemerintahan Sunak kala Inggris Raya "berjuang melawan badai."

Sunak otomatis menjadi PM usai terpilih sebagai pemimpin Partai Konservatif. Mantan Menteri Keuangan Inggris Raya ini merupakan calon tunggal yang memenuhi ambang batas nominasi.

Baca Juga: Imigran dan Keturunan India, Ini Perjalanan Rishi Sunak yang Kini Jadi PM Inggris


 



Sumber : Kompas TV/Associated Press

BERITA LAINNYA



Close Ads x