Kompas TV nasional rumah pemilu

Pemilih Demokrat, PKS dan Gerindra Menguat ke Anies, Pemilih Nasdem Justru ke Ganjar

Kompas.tv - 25 Oktober 2022, 14:56 WIB
pemilih-demokrat-pks-dan-gerindra-menguat-ke-anies-pemilih-nasdem-justru-ke-ganjar
Anies Baswedan saat ditetapkan menjadi bakal calon presiden (capres) dari Partai Nasdem pada Senin (3/10/2022). (Sumber: KOMPAS TV)
Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Dalam survei Litbang Kompas Oktober 2022 yang dirilis hari ini, Selasa (25/10/2022) disebutkan, pemilih dari partai Demokrat, PKS dan Gerindra kian menguat ke Anies Baswedan sebagai Capres 2024. 

Namun, pemilih Nasdem justru menempatkan Anies Baswedan di posisi ketiga.

Anies menempati posisi kertiga dalam komposisi pemilih partai Nasdem dalam Survei Litbang Kompas, di bawah dukungan kepada Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo di posisi pertama dan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto di posisi kedua. 

"Jika dilihat dari sisi responden pemilih Anies, justru pemilih Demokrat dan PKS, bahkan Gerindra, yang paling banyak memberikan dukungan," tulis Litbang Kompas dilansir dari Kompas.id.

Dalam analisis itu disebutkan, pemilih dari ketiga partai tersebut sudah mencapai separuh lebih dari pemilih Anies.

Sementara porsi responden pemilih Nasdem hanya menyumbang empat persen dari pemilih Anies.


 

"Artinya, jika wacana koalisi Nasdem, Demokrat, dan PKS terbentuk, secara kedekatan dengan pemilihnya memang ada sinyal, antara pilihan partai dengan calon presiden, terutama yang terjadi di pemilih Demokrat dan PKS yang menyumbang lebih banyak terhadap elektabilitas Anies," ujarnya. 

Adapun pemilih Nasdem justru mengarah tertinggi ke Ganjar sebanyak 26,9 persen. Sedangkan angka elektoral dukungan pemilih Nasdem ke Anies sebesar 15,4 persen.

"Dua nama yang berada di atas Anies, yang paling banyak dipilih konstituen Nasdem, adalah Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dengan tingkat keterpilihan 26,9 persen dan Menteri Pertahanan yang juga Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto dengan angka 17,3 persen," ujarnya. 

Baca Juga: Survei Litbang Kompas: Anies Kalah dengan Ganjar dan Prabowo di Pemilih Nasdem

Pemilih Nasdem vs Deklarasi Anies 

Pada akhirnya, lanjut analisis Survei Litbang Kompas, keputusan Partai Nasdem yang mendeklarasikan Anies Baswedan sebagai calon presiden makin memberikan insentif pada keduanya.



Sumber : Kompas TV/kompas.id


BERITA LAINNYA



Close Ads x