Kompas TV olahraga sepak bola

Shin Tae-yong Sebut Mochamad Iriawan sebagai Orang yang Sangat Mencintai Sepak Bola Indonesia

Kompas.tv - 12 Oktober 2022, 21:05 WIB
shin-tae-yong-sebut-mochamad-iriawan-sebagai-orang-yang-sangat-mencintai-sepak-bola-indonesia
Pelatih Timnas Shin Tae-yong menyebut bahwa Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan adalah orang yang sangat mencintai sepak bola Indonesia. (Sumber: PSSI)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong menyebut bahwa Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan atau Iwan Bule adalah seorang yang sangat mencintai sepak bola Indonesia dengan kesungguhan hati. 

Hal itu diungkapkan Shin Tae-yong melalui sebuah unggahan di akun Instagram-nya, @shintaeyong7777, pada Rabu (12/10/2022), yang sekaligus menanggapi desakan agar Iriawan mundur sebagai Ketua Umum PSSI. 

Tak hanya itu, pelatih asal Korea Selatan juga tak ragu menuliskan bahwa Iwan Bule adalah orang yang selalu memberikan dukungan penuh agar sepak bola Indonesia bisa berkembang. 

"Seseorang yang sangat mencintai sepak bola Indonesia dengan kesungguhan hati dan memberikan dukungan penuh dari belakang agar sepak bola dapat berkembang adalah Ketua Umum PSSI," ujar Shin Tae-yong.

Dalam unggahan itu, coach STY juga mengatakan dirinya akan mengundurkan diri dari Timnas Indonesia apabila Mochamad Iriawan harus mundur sebagai Ketua Umum PSSI. 

Menurutnya, jika ada satu orang yang disalahkan, maka orang lain yang satu tim juga salah. Hal itu sejalan dengan filosofi sepak bolanya, bahwa sebuah tim akan sukses jika semua pihak yang terlibat bisa bekerja sama dengan baik. 

"Menurut saya, jika Ketua Umum PSSI harus bertanggung jawab atas semua yang terjadi dan mengundurkan diri, maka saya pun harus mengundurkan diri," tutur Shin Tae-yong. 

Baca Juga: Shin Tae-yong Bakal Mundur Jika Ketua Umum PSSI Mengundurkan Diri: Kita Adalah 1 Tim

"Karena saya pikir jika terdapat kesalahan dari rekan kerja yang bekerja bersama sebagai 1 tim, maka saya pun juga memiliki kesalahan yang sama. Kita adalah 1 tim."

"Sepak bola tidak bisa sukses jika hanya performa 11 pemain inti saja yang bagus, bukan juga hanya staf pelatih saja yang bagus, kita bisa mencapai kesuksesan ketika semuanya menjadi satu tim mulai dari pemain inti, pemain cadangan, staf pelatih, official, semua karyawan federasi termasuk Ketua Umum."

"Itulah filosofi sepak bola saya. Sepak bola adalah salah satu olahraga yang tidak akan bisa menang dengan hanya 1 orang saja yang bagus kinerja kerjanya."


 

"Saya dengan masyarakat Indonesia dapat mengembangkan sepak bola Indonesia bersama setelah saya datang ke Indonesia pada tahun 2020. Ini adalah prestasi atau hasil yang dibuat oleh para pemain, fans dan Ketua Umum PSSI yang memilih saya," jelas Shin Tae-yong. 

Desakan Mochamad Iriawan agar mundur dari jabatan Ketua Umum PSSI memang terus digaungkan masyarakat sepak bola Indonesia. 

Hal itu buntut dari Tragedi Kanjuruhan yang menewaskan 132 korban jiwa dan PSSI dianggap sebagai pihak yang paling bertanggung jawab. 

Meski begitu, Mochamad Iriawan belum memperlihatkan tanda-tanda akan mundur sebagai orang nomor satu di PSSI. 

Sementara itu, FIFA dan AFC juga menunjukkan komitmen untuk membantu PSSI serta pemerintah dalam membenahi sepak bola Indonesia agar tragedi seperti yang terjadi di Stadion Kanjuruhan tidak terulang lagi di masa depan.  

Baca Juga: Terkait Tragedi Kanjuruhan, Mahfud: PSSI, PT LIB dan Panitia Saling Lempar Tanggung Jawab



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x